Dua Lokasi Transmigrasi di Bengkulu Belum Terpenuhi Jumlah KK

Lokasi transmigrasi di Batu Ampar Kecamatan Kedurang Bengkulu Selatan

KBRN, Bengkulu : Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu Edwar Heppy mengatakan program transmigrasi pada beberapa tahun ini belum dapat dijalankan, lantaran masih kurangnya jumlah kepala keluarga (KK) yang bakal menempati lokasi. 

"Beberapa tahun ini memang belum bisa dilaksanakan karena kurangnya jumlah KK yang akan menempati lokasi transmigrasi," kata Edwar, Sabtu (28/5/2022).

Edwar mengatakan ada dua lokasi di Bengkulu yang difokuskan menjadi tujuan transmigrasi yakni di Kabupaten Rejang Lebong dengan luasan lahan 800 hektare, dan Batu Ampar di Kabupaten Bengkulu Selatan dengan luas alokasi lahan 600 hektare.

"Untuk alokasi di Rejang Lebong baru ada 25 KK dari target sebanyak 175 KK, dan di Bengkulu Selatan juga sama dengan jumlah minimal sebanyak 150 KK," kata Edwar.

Pihaknya saat ini tengah mengusulkan dan membuka alokasi penambahan jumlah KK yang bakal mengikuti program transmigrasi kepada pemerintah pusat.

"Karena masih kurang, kami mengusulkan penambahan jumlah KK, baik masyarakat luar provinsi maupun dalam provinsi Bengkulu untuk menempati lokasi tersebut," kata dia. 

Selain penambahan KK, Disnakertrans juga meminta perbaikan fasilitas dan infrastruktur jalan lantaran kedua lokasi dimaksud masih susah diakses.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar