Pemerintah Kembangkan Aplikasi Digital ID dalam Genggaman

Ilustrasi

KBRN, Bengkulu : Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah mengembangkan sistem aplikasi identitas digital dalam genggaman atau digital id.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dukcapil Provinsi Bengkulu, Taslim Asri, mengatakan aplikasi digital id ini tengah dikembangkan dan akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

"Ini program nasional dan sudah dilaunching pada rapat koordinasi nasional di Bali Februari lalu. Tujuannya agar masyarakat Indonesia merdeka dengan data," katanya, Jumat (27/5/2022).

Nantinya, lanjut Asri, masyarakat dapat mengakses sistem pencatatan sipil maupun kepengurusan data kependudukan hanya melalui aplikasi.

"Setiap individu sudah terkoneksi dalam aplikasi identitas digital yang saat ini sedang digagas Dirjen Dukcapil. Nantinya semua mengurus administrasi kependudukan bisa hanya lewat telepon seluler," kata Asri.

Asri mengungkap saat ini setiap Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se-Indonesia tengah menyiapkan kelengkapan data dan proses transisinya.

"Untuk migrasi sekarang, tengah diujicobakan kepada insan Dukcapil sampai semuanya siap dan akan digunakan nasional pada 2024 mendatang," kata Asri.

Asri memastikan, Dukcapil di era 5.0 mendatang menjamin aksesibilitas data yang akan digunakan masyarakat tak perlu lagi membawa berkas fisik saat mengurus adminduk.

"Kemudahannya, kedepan masyarakat tidak lagi perlu membawa setumpuk berkas. Hanya dengan telepon seluler, data dapat diakses hanya dengan cara di-scan di mana pun ada barcode-nya," kata dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar