Cakupan UHC BPJS di Bengkulu Mencapai 90 Persen

Rapat koordinasi antara DPRD Provinsi Bengkulu Komisi IV dan Dinkes Provinsi Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mencatat capaian Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta di Provinsi Bengkulu mencapai 90 persen per triwulan pertama 2022.

Kepala Dinkes Bengkulu Herwan Antoni menyampaikan, bahwa capaian UHC saat ini baru terdapat di Kota Bengkulu, yang mana program pelayanan kesehatan ini sudah dilaunching oleh Pemerintah Kota Bengkulu dan BPJS Kesehatan beberapa waktu lalu.

“Saat ini capaian Provinsi Bengkulu sudah mencapai 90 persen dan yang sudah dilaunching oleh BPJS baru Kota Bengkulu,” ungkap Herwan Antoni saat menjamu Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Jumat (27/5/2022).

Herwan juga menyampaikan sebelumnya Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur sudah mencapai angka 95% akan tetapi dikarenakan kemudian banyak dari masyarakat yang menunggak pembayaran premi sehingga UHC di dua Kabupaten tersebut tidak diakui BPJS Kesehatan.

“Selain kota sebelumnya ada Bengkulu Selatan dan Kaur yang sudah mencapai standar UHC, tetapi hal tersebut tidak bisa dikarenakan banyak masyarakat yang menunggak premi,” tambah Herwan.

Di sisi lain Zainal Anggota Komis IV DPRD Provinsi Bengkulu menyampaikan bahwa perlu adanya sinergitas yang baik oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dengan Dinas Kesehatan di Kabupaten dan Kota sesuai dengan komitmen untuk mencapai UHC Provinsi.

“Untuk mencapai UHC Provinsi diperlukan sinergitas dengan seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten dan kota, sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati layanan kesehatan gratis,” tukas Zainal

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar