Bappeda : Tol Bengkulu - Lubuk Linggau Tahap Pembebasan Lahan, 2023 Kontruksi

Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri

KBRN, Bengkulu : Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memastikan pembangunan jalan tol Bengkulu - Lubuk Linggau sesi 2 sepanjang 23,7 Kilometer dari Taba Penanjung - Kepahiang berlanjut tahun 2023.

"Hal ini sudah ada kesepakatan dengan pemerintah pusat maupun kepala daerah dan PT Hutama Karya (HK) sebagai pihak pelaksana," kata Rohidin, Selasa (17/5/2022).

Ditambahkan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, mengatakan, tahun ini PT HK didampingi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan menuntaskan pembebasan lahan pembangunan tol sesi 2.

“Pembangunan ini prosesnya panjang, jika proses pembebasan lahan selesai di tahun 2023 akan lanjut pembangunan konstruksi,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan membentuk tim untuk membantu mengawal PT HK dalam proses pembebasan lahan, sehingga proses pembangunan tol sesi 2 Taba Penanjung-Kepahiang berjalan lancar tanpa hambatan. 

“Segala teknisnya nanti PT HK yang melaksanakan dan Pemprov hanya mengawal dan ikut dalam perencanaan,” ujar Isnan.

Pembangunan tol sesi 2 sendiri telah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2023 yang sebelumnya diusulkan Pemprov Bengkulu untuk dilanjutkan dan disetujui Kementrian PPN/Bappenas RI beberapa waktu lalu. Saat ini pembangunan masih dalam tahap persiapan pra-syarat yang harus dilengkapi pemerintah daerah.

Pembangunan jalan tol ruas Bengkulu Tengah - Curup - Lubuk Linggau membutuhkan anggaran sebesar Rp 33,67 triliun yang masuk dalam APBN dengan rencana panjang tol yang akan dibangun 80 kilometer.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar