Umat Buddha Bengkulu Rayakan Waisak dengan Khidmat

KBRN, Bengkulu : Pelaksanaan ibadah di Hari Raya Waisak 2566/BE di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu, Senin (16/5/2022) di Vihara Buddhayana berlangsung khidmat. Sebanyak 300-an jemaat menggelar ibadah sejak pukul 10.00 WIB.

Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Provinsi Bengkulu Herwani, mengatakan pelaksanaan ibadah waisak tahun ini hampir diikuti oleh seluruh jemaatnya. 

Berbeda dari tahun sebelumnya saat kondisi pandemi COVID-19, di mana hanya pengurus vihara saja yang melaksanakan peribadatan.

“Untuk seluruh jemaat kami undang semua sesuai instruksi pemerintah. Dengan suka cita, prosesi kami laksanakan setiap tahunnya," kata Herwani.

Herwani menyebutkan meski telah diizinkan beribadah dengan terbuka, panitia tetap menyiapkan protokol kesehatan dan segala kebutuhan prosesi dengan lengkap seperti penggunaan masker dan aplikasi pemindai PeduliLindungi. 

Herwani berharap kedepannya pandemi segera berakhir, agar umat dapat merayakan hari tersebut dengan meriah.

Rangkaian kegiatan Waisak diisi dengan mengitari Vihara dan memandikan pratasina Buddha rupang buddhis, sambil membacakan Paritta dan melantunkan mantra-mantra membersihkan ucapan, hati, dan pikiran.

Sebagai simbolik, diletakkan patung Buddha kecil di pintu masuk aula utama siap untuk menjalani ritual pemandian dengan air bunga. Usai kebaktian dan membacakan doa, dimulailah pemandian rupang Buddha yang diikuti secara bergilir umat.

Kemudian perayaan ditutup dengan khotbah Dhamadesana kebajikan dharna pada umat Buddha Bengkulu yang disampaikan oleh pendeta Warlan Soekandar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar