Maret ini, 600 KPM Terima Realisasi Program KBS Pemprov Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Sebanyak 600 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam wilayah Provinsi Bengkulu akan menerima bantuan Rp 100 ribu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Bantuan melalui program Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS) bidang sosial itu, direncanakan mulai didistribusikan pada bulan Maret 2022 mendatang.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO mengatakan, bantuan Rp100 ribu perbulan itu, diberikan selama satu tahun.

"Kalau saat ini masih berproses, terkait administrasi dan pendataannya, targetnya bulan Februari atau Maret ini sudah didistribusikan," ujarnya pada Sabtu, (22/1/2022).

Selain itu menurut Iskandar, Pemprov juga sedang menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Pemenuhan Kebutuhan Dasar Rumah Tangga Miskin di Bengkulu, sebagai payung hukum pemberian bantuan dimaksud.

Mengingat nantinya bantuan Rp100 ribu itu, untuk membeli sembako dan isi ulang gas. 

“Penerimanya adalah warga miskin yang belum terakomodir dalam bansos apapun dari pemerintah pusat maupun daerah.  Kita menyasar warga miskin, sehingga terbantukan di tengah pandemi Covid - 19 ini," jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan, bantuan sembako dan isi ulang gas itu, dianggarkan setiap tahun. Hanya saja pada tahun berikutnya, penerimanya berbeda.

“KBS bidang sosial itu diketahui tertuang dalam 18 program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu. Jadi setiap tahun penerimanya tidak sama, bergantian. Bantuannya satu tahun atau 12 bulan. Kalau nanti diserahkan pada bulan Februari atau Maret maka dirapel," pungkas Iskandar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar