Blanko KTP Elektronik di Kota Bengkulu Aman

KBRN, Bengkulu: PLT. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, Widodo mengatakan ketersediaan blanko pembuatan KTP Elektronik di Kota Bengkulu saat ini aman atau mencukupi bahkan untuk beberapa bulan kedepan.

Sebanyak 10 ribu tambahan blanko KTP Elektronik sudah diterima pihaknya dari Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil, sehingga blanko yang tersedia saat ini untuk Kota Bengkulu mencapai 12 ribu yang dianggap mencukupi bahkan bila terjadi lonjakan permintaan pencetakan KTP Elektronik jelasnya.

“Biasanya peningkatan permintaan pembuatan KTP Elektronik terjadi menjelang akhir tahun, pada saat penerimaan CPNS, Ikatan Dinas atau ketika kelulusan siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, namun saat ini diakui kondisinya masih normal belum terjadi peningkatan signifikan.”ujar Widodo, Rabu (02/12/2021).

Sementara itu untuk memudahkan proses pelayanan pembuatan KTP Elektronik ataupun dokumen kependudukan lainnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, saat ini masyarakat sudah diberikan kemudahan dengan memanfaatkan aplikasi Slawe yang bisa diakses secara online.

Bahkan untuk pelayanan KTP elektronik, pihak dinas juga bekerjasama dengan PT. POS Indonesia sehingga untuk KTP Elektronik yang sudah dicetak langsung diantarkan ke alamat warga dan dalam pengurusannya, warga tidak perlu berdesak-desakan di Kantor Dinas.

“Karena untuk pengurusan KK, KIA, KTP, Akta atau dokumen lainnya bisa dilaksanakan secara online. Yang sebelumnya mereka bisa tiga kali datang ke Capil sekarang mereka cukup datang satu kali ketika pengambilan dokumen. Semua bisa dilakukan dengan aplikasi,” jelas Widodo. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar