PenerimaTabung Gas Bersubsidi Program Pemprov Bengkulu, Masih di Data

KBRN, Bengkulu : Dengan akan diluncurkannya salah satu program bantuan tabung gas (LPG) bersubsidi 3 Kilogram (Kg) gratis, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saat ini masih melakukan pendataan terhadap penerimanya.

“Untuk pendataan masyarakat penerima manfaat bantuan tersebut ditargetkan tuntas dalam waktu dekat ini,” ungkap Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Yuliswani dalam keterangannya.

Yuliswani menjelaskan, berdasarkan hasil rapat dengan kabupaten/kota, penerima tabung gas subsidi itu diberikan kepada 100 orang untuk masing- masing daerah.

“Memang sekarang sedang di data, siapa saja yang berhak menerima. Syaratnya adalah masyarakat miskin,” ujarnya pada Kamis (7/10/2021).

Selain itu Yuliswani menyebut, pemerintah saat ini juga masih mengajukan izin kepada Kementrian ESDM terkait pelaksanana program tabung gas 3 kg ini. Hanya saja diyakini, Kementrian akan menyetujuinya, karena program ini bertujuan membantu masyarakat miskin.

”Dinas ESDM Provinsi Bengkulu sedang mengurus izin ini. Kita optimis dapat disetujui,” katanya.

Lebih lanjut ditambahkan, setelah mendapat persetujuan, nantinya Pertamina akan mendistribusikan kepada pangkalan, dan memastikan siapa saja yang berhak dilayani dan menerima tabung gas gratis ini.

Sedangkan data penerimanya berdasarkan hasil pendataan di lapangan.

“Memang sudah ada ketentuannya siapa saja yang berhak dilayani,” tukasnya.

Sementara untuk diketahui, tabung LPG 3 Kg gratis ini sudah dianggarkan dalam APBD tahun 2022, dengan estimasi 1.000 tabung untuk seluruh Provinsi Bengkulu lengkap dengan isinya.

Sebanyak 1000 LPG 3 Kg ini akan distribusikan ke 10 Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu setiap tahun sampai tahun 2026 atau sesuai dengan RPJMD Provinsi.

Sedangkan kriteria masyarakat yang akan mendapatkan tabung LPG 3 Kg, adalah masyarakat kurang mampu yang telah memiliki kompor gas ataupun usaha mikro yang memang membutuhkan bantuan tabung gas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00