Dinsos Provinsi Bengkulu Masih Perbaiki Data KPM

KBRN, Bengkulu : Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu bersama kabupaten/kota saat ini masih fokus melakukan perbaikan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan sosial.

Perbaikan data tersebut dalam rangka menindak-lanjuti intruksi dari Kementeria Sosial (Kemensos) RI), sehingga data penerima bantuan sosial benar-benar valid.

Kepala Dinsos Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO mengatakan, perbaikan data yang dimaksud baik itu bagi penerima bantuan sosial, seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ataupun lainnya. Mengingat berdasarkan temuan di lapangan, ada beberapa data ganda.

Kemudian ada yang terdeteksi sudah meninggal, pindah, dan ada juga masyarakat yang keluar dengan sendirinya dari penerima bantuan sosial.

"Ini perintah dari Kemensos, perbaikan yang dilakukan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Makanya dengan pemadanan NIK masih terus kita lakukan, sehingga nantinya diperoleh data yang benar-benar valid," kata Iskandar pada Minggu, (4/4/2021).

Ia juga menjelaskan, progres perbaikan data ini secara nasional, karena Provinsi Bengkulu berada diperingkat kedua khususnya dari segi pemadanan NIK.

Untuk progres perbaikan data tingkat kabupaten/kota, baru Kabupaten Kepahiang yang sudah mencapai 100 persen.

Lalu Kabupaten Rejang Lebong 99 persen, Bengkulu Selatan 98 persen, dan Kabupaten Bengkulu Utara 97 persen.

Selanjutnya, Kabupaten Bengkulu Tengah 96 persen, Lebong 88 persen, Kota Bengkulu 84 persen, Seluma 79 persen, dan yang paling rendah Kabupaten Kaur baru mencapai 76 persen.

"Kita tetap bersyukur karena kawan-kawan di lapangan terus bergerak cepat dalam melakukan perbaikan data ini, baik itu Dinsos kabupaten/kota, maupun TKSK ataupun pendamping PKH," pungkas Iskandar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00