Tim Wasev Mabes TNI AD Tinjau Lokasi TMMD ke-110 Kodim 0425/Seluma

KBRN, Seluma : Rombongan Tim Pengawasan Dan Evaluasi TNI Manunggal Membangun Desa (Wasev TMMD) dari Mabes TNI AD, yang dipimpin oleh Brigjen TNI Darmono Susatro, S.I.P., M.M (Irum Itjenad) bersama Letkol CZI Chotman Jumei Arisandy (Pabandya-2/Bin Karbak TNI Spaban V/Bakti TNI Sterad), meninjau kegiatan pembangunan Satgas TMMD ke-110 Kodim 0425/Seluma di Desa Air Kemuning Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma pada Kamis, (25/3/2021).

Dalam kunjungan ke kokasi TMMD Kodim 0425/Seluma itu, rombongan Tim yang didampingi oleh Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Yunuar Adil dan Irdam II/Swj Brigjen TNI Henra Hari Sutaryo, serta Kasi Ter Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf M. Harry Subagyo, disambut oleh Dandim 0425/Seluma dan Bupati Seluma serta unsur Forkopimda Kabupaten Seluma.

Adapun rangkaiannya, pengalungan Syal, sambutan Bupati Seluma, paparan singkat Dandim 0425/Seluma, sambutan Ketua Tim Wasev, pemberian Sembako dan dilanjutkan peninjauan Poskotis TMMD, serta sasaran pekerjaan pembuatan badan jalan, gorong-gorong, bedah rumah RTLH dan rehab Masjid.

Dalam sambutannya, Bupati Seluma menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan Tim di Seluma, sekaligus menyampaikan bahwa program TMMD merupakan sarana untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat, guna mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah, serta meningkatkan akselerasi pembangunan desa dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Belum lagi, program TMMD ini ditujukan pada pembangunan sasaran fisik dan non fisik, sehingga melalui pembangunan tersebut diharapkan adanya peningkatan kualitas hidup di masyarakat, menuju kehidupan sosial yang lebih maju sejahtera dan mandiri.

“Semoga penyelenggaraan TMMD ini dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya di Desa Air Kemuning Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, serta mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah bekerja sama dengan Forkopimda dalam pembangunan Kabupaten Seluma,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0425/Seluma selaku Dansatgas Letkol Czi AM. Limbong ST MTr (Han) dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan TMMD ini melibatkan 150 personel yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, Polres Seluma dan unsur masyarakat, serta instansi terkait, dengan lokasi di wilayah Kecamatan Sukaraja, yaitu di Desa Air Kemuning.

Selain itu Dandim juga memaparkan, kegiatan pengerjaan sasaran fisik dan non fisik yang dilaksanakan pada TMMD kali ini, sudah mencapai 99 persen dan diharapkan dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Hasil dari kegiatan TMMD ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya  

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Wasev TMMD dari Mabes TNI AD Brigjen TNI Darmono Susatro, S.I.P., M.M (Irum Itjenad) menyampaikan, bahwa pengawasan dan evaluasi kegiatan TMMD ke-110 yang sedang berjalan ini, bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD, mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran, sehingga harapannya agar kegiatan tersebut dapat berjalan secara optimal, efektif dan efesien meskipun dalam situasi pandemi Covid-19.

Disamping itu juga, untuk membantu percepatan pembangunan di daerah, dan membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat Kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Ucapan terimakasih dan penghargaan kita sampaikan kepada Pemerintah Daerah serta seluruh komponen masyarakat, atas kerjasama dan semangat gotong-royongnya dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD,” terangnya.

Lebih lanjut dalam wawancara singkatnya dengan awak media, Ketua Tim Wasev TMMD dari Mabes TNI AD Brigjen TNI Darmono Susatro, S.I.P., M.M menjelaskan, bahwa pelaksanaaan TMMD berupa kegiatan fisik dan non fisik, yang semuanya dibutuhkan oleh masyarakat.

Sedangkan sasaran utama adalah, pembukaan badan jalan yang menghubungkan 3 desa, karena saat ini menuju desa yang satu ke desa yang lainnya, masyarakat harus menempuh jarak cukup jauh.

“Dengan dibukanya badan jalan masyarakat sudah dapat menempuh dengan waktu yang lebih singkat. Lalu untuk fasilitas ibadah berupa masjid yang kurang layak, sekarang sudah layak, sehingga digunakan sebagai tempat beribadah, serta dilaksanakan juga kegiatan bedah rumah untuk masyarakat dalam bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH),” paparnya.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Seluma, Wakil Bupati Seluma, Kapolres Seluma, Kajari Seluma, Ketua Pengadilan Negeri Tais, Pabandya Puanter Kodam II/Swj Letkol Inf L. Sinurat, Pasi Komsos Siterrem 041/Gamas Mayor Inf Johan, para Perwira jajaran Kodim 0425/Seluma, Camat Sukaraja, Kepala Desa Air Kemuning, anggota Satgas TMMD serta masyarakat Desa Air Kemuning. (rls)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00