Kepala Daerah di Bengkulu Diminta Fokus Pemulihan Ekonomi

KBRN, Bengkulu : Pasca dilantiknya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada serentak tahun 2020 lalu, baik itu Gubernur maupun Wakil Gubernur dan 7 Bupati dan Wakil Bupati se-Provinsi Bengkulu, agar dapat fokus kerja awalnya melakukan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid 19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Pemulihan ekonomi dengan tidak melupakan prokes sangat penting, karena ketika perekonomian masyarakat sudah mulai kembali sedia kala, jangan sampai kasus terpapar Covid 19 bertambah banyak,” ungkap Anggota DPD RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu Ahmad Kanedi, ketika menyikapi fokus kerja 100 hari Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terlantik.

Menurut Kanedi, langkah pemulihan ekonomi yang utama dilakukan sembari memperkuat bidang kesehatan dan pendidikan tersebut, sebab dampak dari pandemi Covid 19 yang telah melanda setahun terakhir ini, telah membuat angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu bertambah.  

Bahkan Bengkulu masuk dalam urutan 10 besar tingginya angka kemiskinan secara nasional.

“Berpijak pada pengalaman sebelumnya, ketika krisis yang pernah melanda negeri ini, hanya pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang mampu bertahan. Makanya, pemerintah daerah harus memberikan perhatian khusus kepada bidang perekonomian, sehingga pelaku usaha sebagai motor penggerak ekonomi bisa kembali pulih seperti biasanya. Jika itu dilakukan, mudah-mudahan Bengkulu bisa keluar dari 10 besar termiskin di Indonesia,” ujar pria yang akrab di sapa Bang Ken ini pada Senin, (1/3/2021).

Selain itu Senator Bengkulu ini menyebutkan, pihaknya dari kelembagaan DPD juga siap mensuport penuh pemerintahan baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu di tingkat pusat.

Hanya saja, perjuangan yang ingin dilakukan pihaknya tentu mengacu pada usulan atau proposal. Oleh karena itu, pentingnya kebersamaan dan sinergitas bersama-sama dalam membangun daerah.

“Kita siap menerima proposal dari setiap Pemda di Bengkulu, dan setelah itu akan menyuarakan sekaligus mengawal di tingkat pusat agar bisa direalisasikan. Mengingat kita ini sifatnya menyuarakan berdasarkan sistem, data dan perencanaan. Apalagi kami juga tidak mau bekerja sendiri-sendiri, tapi bisa bersama-sama,” terang Senator Bengkulu yang memasuki periode kedua ini.

Lebih lanjut ia juga mengimbau, para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se-Provinsi Bengkulu dalam menjalankan program kerjanya, agar dapat merangkul semua elemen masyarakat, termasuk mengajak pasangan calon (paslon) yang menjadi lawannya dalam Pilkada lalu.

“Penyelenggaraan Pilkada sudah usai, mari bersatu kembali untuk membangun daerah ini secara bersama-sama. Kekompakan adalah kata kunci, dan kebersamaan ialah penentu serta semangat merupakan spirit,” demikian Kanedi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00