Pemprov Bengkulu Minta Ritel Modern Pasarkan Produk UMKM

KBRN, Bengkulu : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu meminta ritel modern yang ada, agar dapat memasarkan pruduk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik masyarakat local Bengkulu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu Surya Ofiana mengatakan, saat ini memang telah ada beberapa ritel modern yang kerjasama untuk memasarkan produk UMKM.

Mengingat hal itu merupakan kesempatan yang bagus untuk memasarkan produk lokal, tetapi diharapkan juga para pengusaha UMKM, untuk dapat memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

“Kita menargetkan sekitar 50 UMKM yang ada di setiap kecamatan di Bengkulu, pada tahun ini bisa memasarkan produknya di ritel modern. Tapi UMKM itu harus memenuhi persyaratan, seperti memiliki izin produk industri rumah tangga (PIRT), sehingga produk yang akan di jual memenuhi standar kesehatan dan tidak berbahaya bagi masyarakat,” pintanya pada Sabtu, (16/1/2021).

Selain itu ia mengakui, pihaknya saat ini juga sedang menseleksi beberapa UMKM untuk dijadikan contoh awal pemasaran produk UMKM di gerai ritel modern.

Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk dapat mengangkat nama produk lokal Bengkulu khususnya produk olahan makanan dan minuman, sehingga dapat di kenal lebih luas.

"Sekarang kita sedang merekrut dan minimal ada satu pioner dulu. Biasanya kalau sudah ada yang duluan, lainnya akan mengikuti menjadi kordinator dalam kerjasama," tukas Surya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00