Datangi DPRD Provinsi Bengkulu, FSPMI Perjuangkan UMK Naik

KBRN, Bengkulu : Puluhan pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Provinsi Bengkulu, pada Senin, (9/11/2020) mendatangi kantor DPRD Provinsi Bengkulu terkait mengaspirasikan dugaan kekecewaannya terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Kekecewaan tersebut karena Pemprov sepakat untuk mengikuti Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) No M/II/HK.04/X/2020 tentang penetapan upah minimum tahun 2021 pada masa pandemi Covid-19.

Disebutkan, dalam SE itu Pemerintah Daerah (Pemda) di minta untuk tidak menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2021.

“Kita sebenarnya meminta Pemprov tidak mengindahkan SE Menaker itu, sehingga sudah bisa dipastikan jika UMP Bengkulu tahun depan tidak bakal naik dan tetap berada diangka Rp 2.213.000 per bulan," ungkap Ketua DPW FSPMI Provinsi Bengkulu, Roslan Efendi usai hearing bersama Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu.

Menurutnya, pada tahun depan pihaknya sudah mengusulkan agar UMP naik menjadi Rp 2.500.000. Oleh karena itu idealnya Pemprov bisa menolak SE, karena UMP Bengkulu ini masih dibawah standar Kebutuhan Hidup Laik (KHL).

“Peluang untuk mengusulkan kenaikan upah ini hanya tinggal melalui Upah Minim Kabupaten/Kota (UMK). Belum lagi sejumlah Kabupaten/Kota ini sudah ada Dewan Pengupahannya. Jadi peluang ini bakal kita maksimalkan, sehingga nantinya upah pekerja bisa naik, walaupun tidak sepenuhnya mengakomodir KHL, paling tidak mendekati," ujarnya.

Lebih lanjut Roslan mengharapkan, Komisi IV DPRD Provinsi dapat menyampaikan beberapa aspirasi pihaknya, yakni meminta Mahkamah Konstitusi (MK) melakukan Judical Review untuk membatalkan UU No 11 tahun 2020 tentang cipta kerja atau Omnibus Law.

“Kita minta juga disampaikan ke DPR RI agar melakukan Legislatif Review pencabutan Omnibus Law, dan meminta Presiden mengeluarkan PERPPU membatalkan Ombibus Law," pintanya.

Secara terpisah, anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Drs. Gunadi Yunir, menambahkan, semua aspirasi dari perwakilan FSPMI bakal ditindaklanjuti, sehingga apa yang diharapkan para perkerja bisa tersampaikan.

“Kita mendukung dan juga berharap aspirasi itu dapat ditindaklanjuti pihak berkompeten baik di tingkat daerah maupun pusat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00