Hewan Kurban di Bengkulu Tercukupi dan Aman dari PMK

Disnakeswan melakukan pemantauan ketersediaan hewan kurban di beberapa peternakan Kota Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Pemerintah Provinsi Bengkulu memastikan hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Provinsi Bengkulu tercukupi serta tidak ada yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) M Syarkawi mengatakan pihaknya sudah meninjau peternakan yang menjual hewan kurban untuk kebutuhan lebaran nanti. 

Dari sampel peternakan yang telah diperiksa yakni peternakan sapi di Tebeng, peternakan sapi di Padang Serai (Siraja), dan peternakan kambing di Sungai Rupat Kota Bengkulu, semuanya aman.

"Dari pemeriksaan yang kami lakukan, hewan kurban di peternakan sudah jauh-jauh hari disiapkan sebelum adanya PMK di Bengkulu," kata dia, Senin (4/7/2022). 

"Kebutuhan hewan kurban juga dipastikan cukup karena dari beberapa peternakan yang ada, beberapa hari sebelum Idul Adha, masih ada hewan kurban yang belum dibeli," imbuh Syarkawi.  

Pengendalian lalulintas hewan ternak juga terus dilakukan sehingga Pemerintah Provinsi Bengkulu memastikan tidak ada hewan kurban yang dipasok dari luar provinsi.

"Semua peternakan sudah menyiapkan jauh-jauh hari dan semua hewan kurban diambil dari peternak lokal," katanya.

Selama peninjauan, hewan kurban yang siap dipasarkan dalam kondisi baik dan siap memenuhi kebutuhan hewan ternak daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar