Senator Riri Minta Pemerintah Tanggap dengan Kebutuhan Dasar Masyarakat

KBRN, Bengkulu : Jelang akhir tahun, beberapa harga komoditas sembako merangkak naik.

Proses kenaikan harga ini seakan selalu menjadi rutinitas yang selalu terjadi setiap menjelang hari libur besar dengan kenaikan yang terkadang signifikan.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief menyayangkan adanya fakta mengenai kegagalan dalam melakukan antisipasi terhadap kenaikan harga setiap akhir tahun yang selalu merangkak naik.

"Saya lihat ini semacam agenda tahunan yang dirasakan masyarakat. Stake holder terkait perlu benar–benar mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan. Jangan sampai kenaikan harga menjadi imbas atas kelalaian,” ungkap Riri pada Kamis, (2/12/2021).

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menjelaskan, upaya pemerintah seperti operasi pasar untuk mengatisipasi adanya timbunan sehingga mengakibatkan harga tidak signifikan perlu segera dilakukan.

"Saya takut ini menjadi perlakukan oknum yang tak bertangungjawab. Sembako ini kan kebutuhan mendasar rakyat. Pihak terkait saya minta segera menindaklanjuti ini, jangan sampai ini memicu yang lebih besar lagi dan tentunya akan berdampak pada sektor–sektor lain,” kata Senator Riri ini.

Senator Bengkulu ini juga menjelaskan pemerintah juga bisa melakukan pasar rakyat yang guna membantu masyarakat ekonomi masih lemah akibat pandemi covid-19.

“Segala upaya harus kebutuhan rakyat harus menjadi kebutuhan yang utama. Apapun itu, karena tugas kita adalah melayani rakyat. Termasuk pengadaan pasar rakyat yang harga bisa jauh dari pasaran harus melibatkan rakyat,” ungkap Riri.

Lebih lanjut Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini berharap tak ada lagi kenaikan harga, seperti terjadi sekarang ini. Bahkan libur besar seperti Ramadan dan sebagainya. Mengingat hal itu dapat diantisipasi lewat berbagai program seperti, pasar rakyat.

“Saya harap ini tak menjadi lagi agenda tahunan kita, segala upaya bisa kita antisipasi segera. Maka dari itu, Pemerintah harus benar- benar tanggap dengan apa yang menjadi kebutuhan dasar rakyat,” ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar