PPI Bengkulu di Seluma Diusulkan Jadi Pelabuhan Perikanan Nusantara

KBRN, Bengkulu : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan mengusulkan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Kabupaten Seluma, menjadi Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN).

Bahkan rencana pengalihan PPI Pulau Baai tersebut, sejauh ini terus dimatangkan. Mengingat pada tahun 2022 mendatang, Pemprov juga telah menganggarkan dana Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) untuk pengembangan pembangunan pelabuhan perikanan tersebut.

"Untuk progresnya saat ini, baru kita anggarkan dana FS dan DED-nya," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu, Sri Hartati, dalam keterangannya pada Kamis, (21/10/2021).

Dikatakan, dengan fokus pada FS dan DED pada tahun depan, setelah selesai tahun berikutnya baru dimulai pembangunan fisiknya.

"Karena tidak mungkin berbarengan antara FS dan DED dengan pembangunan fisiknya. Jadi pembangunan fisik akan kita mulai tahun 2023 mendatang," ujarnya.

Lebih lanjut ditambahkan, pembangunan itu untuk mengoptimalkan potensi perikanan laut di Provinsi Bengkulu. Apalagi dengan berubah status menjadi PPN, usaha industri perikanan yang selama ini terpusat di Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu, akan dialihkan ke Kabupaten Seluma.

"Dengan itu, Pelabuhan Pulau Baai menjadi pelabuhan utama di Provinsi Bengkulu, sehingga bisa difokuskan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," tukas Sri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00