Bahlil : Pemda Miliki Peran Besar Dalam Menumbuhkan Iklim Investasi

KBRN, Bengkulu : Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia menilai, Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki peran yang besar dalam menumbuhkan iklim investasi didaerahnya masing-masing.

Salah satu upaya dalam membangkitkan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, dengan menumbuhkan iklim investasi.

Hal itu diisampaikan Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia dalam arahannya secara virtual saat penyerahan 10.000 vaksin, sembako dan pelepasan mobil vaksin keliling KADIN Indonesia di Bengkulu pada Minggu, (26/9/2021).

"Ketika ada investor yang berinvestasi, tentu saja bisa menggerakan roda perekonomian di daerah itu, termasuk juga bagi masyarakatnya. Karena dengan investasi bakal ada penyerapan tenaga kerja," ujar Bahlil.

Menurut Menteri Bahlil, untuk menarik minat investor untuk berinvestasi, tentu saja tidak lepas dari peran Pemda. Seperti dari sisi perizinan. Untuk itu ia berpesan dalam proses perizinan ini, para investor jangan sampai merasa dipersulit.

"Saya minta Pemda memangkas hal-hal yang tidak perlu, dan dinilai bakal mempersulit kepengurusan izin tersebut," pinta Bahlil.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, sejauh ini penanaman modal dan investasi di Provinsi Bengkulu sudah menerapkan pola Online Single Submission (OSS).

Bahkan dengan penerapan itu, proses kepengurusan izin lebih mudah. Apalagi Nomor Induk Berusaha (NIB) juga dapat diakses dan terkoneksi dengan kabupaten/kota.

"Atas penerapan itu, sejak 2 hingga 3 tahun terakhir, di Provinsi Bengkulu ini iklim investasi meningkat sampai 100 persen. Walaupun nominalnya tidak terlalu besar untuk ukuran provinsi. Tapi yang jelas sejak penerapan pola ini, kepengurusan izin menjadi lebih mudah dibuktikan dengan peningkatan iklim investasi," tegasnya.

Dibagian lain, Ketua Umum (Ketum) KADIN Indonesia, M. Arsjad Rasjid PM menerangkan, dalam menumbuhkan investasi di Bengkulu, pihaknya bakal berkolaborasi dengan Kementerian Investasi. Termasuk juga Pemda di Provinsi Bengkulu ini.

"Kita bakal menarik investor untuk berinvestasi di Bengkulu. Tapi itu kuncinya kita harus saling support," tukas Arsjad. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00