FOKUS: #VAKSIN COVID-19

10 Maret, Bengkulu Mulai Vaksinasi Tahap II

KBRN, Bengkulu : Meski saat ini vaksinasi tahap II belum di mulai, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu telah merencanakan akan melaksanakannya pada tanggal 10 Maret 2020.

“Kita akan melaunching pada tanggal 10 Maret 2021, bertempat di di Poltekes Kemenkes Provinsi Bengkulu,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, ketika menyikapi dimulainya vaksinasi tahap kedua di Bengkulu.

Menurut Herwan, dalam vaksinasi tahap kedua nanti, akan diikuti sekitar seribu 13 ketegori sasaran, diantaranya petugas public yang terdiri dari, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala instansi vertikal, Legislatif dan tokoh agama.

"Sasaran vaksin tahap II ini banyak, dan diharapkan secepatnya bisa diselesaikan. Untuk di Bengkulu, kita targetkan capaiannya 85 persen hingga April mendatang," ujar Herwan pada Senin, (1/3/2021).

Lebih lanjut Herwan menambahkan, untuk vaksinasi tahap II, Bengkulu mendapat jatah sebanyak 3.190 vial.

Dengan demikian, pelaksanaan vaksin bisa di gelar di kantor pelayanan publik masing-masing atau juga masyarakat yang datang langsung ke fasilitas kesehatan (faskes). Hanya saja Herwan meminta, kepada Pemerintah Kabupaten agar segera mengambil vaksin, sehingga pelaksanaan vaksin bisa dimulai di wilayah masing-masing.

"Sejauh ini baru Pemda Kota yang siap mengambil vaksin di gudang farmasi. Mudah-mudahan kabupaten di Bengkulu menyusul,” tukas Herwan.

Sementara untuk diketahui, dari 10 kabupaten dan kota, Kota Bengkulu mendapat jatah paling banyak yakni 1.010 vial, Bengkulu Utara sebanyak 300 vial, Rejang Lebong sebanyak 200 vial dan Seluma sebanyak 190 vial.

Lalu, Bengkulu Selatan sebanyak 120 vial, Mukomuko sebanyak 100 vial, Kaur sebanyak 100 vial, Kepahiang 110 vial, Kabupaten Lebong dan Bengkulu Tengah sama-sama 90 vial. Sedangkan Pemprov Bengkulu mendapat jatah 880 vial vaksin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00