Masyarakat Bengkulu Diperbolehkan Sholat Idul Adha

Rapat Pemprov bersama Kemenag

KBRN, Bengkulu : Ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid 19), masyarakat Provinsi Bengkulu diperbolehkan untuk menyelanggarakan Sholat Idul Adha 1441 H tahun 2020, 

Kepala Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu Edi Hartawan mengatakan, dari hasil rapat pembentukan kepengurusan/ panitia Hari Besar Islam Tingkat Provinsi Bengkulu periode 2020 -2025 dan persiapan Sholat Idul Adha 1441 H/2020 Masehi, serta sejalan dengan arahan Kementrian Agama (Kemenag) lalu dari Gugus Tugas Nasional penyelenggaraan Sholat dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 yang harus dipatuhi oleh semua masyarakat Provinsi Bengkulu, seperti pemberian jarak, masker serta penyiapan hand sanitizer.

"Harus dipersiapkan sebaik - baiknya sehingga kita berharap tentu pelaksanaan berjalan lancar dan tidak merupakan cluster baru, kita tidak ingin hal tersebut terjadi," kata Edi pada Jumat (10/7/2020).

Selain itu menurut Edi, Pemprov dan Kemenag juga memastikan Masjid Raya Baitul Izzah akan menggelar Sholat Idul Adha. Begitu juga terkait pemotongan hewan Qurban tetap akan dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku.

"Sesuai dengan hasil rapat, untuk Provinsi Bengkulu kita laksanakan di Masjid Raya Baitul Izzah, kita usahakan di lapangan mudah - mudahan cuacanya bagus, di halaman depan Masjid Raya Baitul Izzah," jelas Edi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Muhammad Soleh menjelaskan, terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha, pihaknya meminta masyarakat untuk mentaati hal tersebut. Mengingat protokol kesehatan sangat utama dalam menjalankan ibadah, hal yang sama juga berlaku disemua masjid di Provinsi Bengkulu.

"Sesuai Surat Edaran Menteri Agama No.18 semua sudah diberikan kesempatan, karena memang yang paling ditekankan adalah kesadaran kita untuk jangan jadi cluster baru dan jadilah kita pahlawan pemutus mata rantai Covid-19," tukas Muhammad Soleh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00