Bakal Diusung, PDIP Bengkulu Berikan Surat Tugas Untuk Kandidat Cakada

KBRN, Bengkulu : Jelang penentuan siapa yang akan diusung pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, baik untuk pemilihan bupati (pilbup) beserta wakilnya dan pemilihan gubernur (pilgub) bersama wakilnya, PDI Perjuangan sebagai parpol pemenang pada Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 lalu, saat ini telah memberikan surat tugas kepada sejumlah kandidat bakal calon (balon).

Pemberian surat tugas tersebut dimaksud, dicontohkan, PDI Perjaungan yang memiliki 7 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, masih kekurangan minimal 2 kursi lagi, untuk dapat dicari oleh kandidat calon kepala daerah (cakada) yang bakal diusungnya pada Pilkada serentak tahun ini.

“Iya memang surat tugas sudah kita berikan kepada sejumlah kandidat yang kemungkinan kita (PDIP,red) usung pada Pilkada serentak tahun ini, untuk mencari tambahan parpol pengusung. Jika kandidat itu gagal mendapatkan tambahan parpol, namun ada kandidat yang tidak diberikan surat tugas tapi mendapatkan parpol, maka bisa saja surat tugas yang telah diberikan sebelumnya dibatalkan dan beralih kepada kandidat yang telah jelas memiliki parpol pengusung. Itu kita lakukan,” ungkap Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu Elva Hartati, kepada sejumlah wartawan.

Menurut Elva, pemberian surat tugas itu, selain hasil surveynya telah keluar, juga ada dari kandidat tersebut ingin masuk menjadi kader partai, dan ada kader sendiri.

Hanya saja mengenai siapa saja kandidat yang mendapatkan surat tugas tersebut, Anggota Fraksi PDIP DPR RI ini, belum mau menjawab. Tetapi yang jelas dari sejumlah kandidat itu, ada juga kader partai.

“Meski surat tugas sudah kita berikan, lagi-lagi penentuan akhirnya di DPP, dengan dipanggil ke Jakarta. Apalagi yang bersangkutan tidak mendapatkan parpol tambahan dalam pengusungan, bagaimana kita memberikan Surat Keputusan (SK)-nya. Artinya jangan sampai jomblo, dan tidak ada pasangan,” ucapnya.

Kendati demikian ditambahkan, sebetulnya surat tugas yang diberikan partainya kepada sejumlah kandidat itu, bisa dijadikan modal awal meski belum bersifat pasti dalam mencari dukungan parpol lainnya.

“Soal kapan keputusan pengusungan tersebut akan dikeluarkan, kita perkirakan pada Maret nanti, karena pada April sudah masuk proses pendaftaran kandidat ke KPU setempat,” tukas Elva.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00