Dewi Coryati Perjuangkan Mesin Perontok Jagung, Kerja Petani Lebih Cepat

KBRN, Rejang Lebong : Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PAN Dapil Bengkulu, Hj. Dewi Coryati, MSi menyerahkan Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG), berupa mesin Perontok dan Pemipil Jagung ke Kelompok Tani (Poktan) di Tempel Rejo, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Program dari Kemenristek-DIKTI yang sekarang menjadi Kemendikbud-DIKTI, merupakan hasil perjuangan Anggota DPR RI dari Dapil Provinsi Bengkulu Dewi Coryati, yang diberikan kepada Politeknik Rafflesia untuk kelompok tani.

“Hari ini, sudah saya serahkan langsung kepada kelompok tani di Tempel Rejo yang disaksikan langsung oleh anggotanya dan masyarakat. Tadi sudah kita coba hidupkan,” ungkap Dewi diwawancara wartawan usai penyerahan PPTTG.

Diterangkan politisi perempuan PAN ini, alat tersebut memiliki dua fungsi untuk mengupas dan memipil/merontok jagung sekaligus. Dengan mesin ini, petani mendapatkan kemudahan dalam bekerja.

“Sebelumnya untuk mengupas jagung petani masih dengan cara manual menggunakan tangan dan untuk merontokan jagung dari bongkolnya menggunakan ban sepeda. Tentunya proses manual memerlukan waktu yang cukup lama, tidak efektif dan efisien,” ungkap Dewi.

Lebih lanjut mesin ini memberikan dampak yang sangat besar bagi petani. Apalagi jika sebelumnya sehari hanya mampu mengerjakan 350 Kg jagung. Tapi setelah menggunakan alat ini, bisa mengupas dan memipil jagung sebanyak 500kg per jam.

"Bayangkan selisihnya. Dalam satu hari dengan alat ini petani bisa mendapatkan 3 ton,” ucap Dewi optimis.

Dalam penyerahan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Politekni Raflesia, Surya Darminta beserta jajaran pimpinan dan dosen kampus Politeknik Rafflesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00