DPRD Provinsi Bengkulu Targetkan 21 Raperda Rampung Tahun 2020

KBRN, Bengkulu : Lembaga DPRD Provinsi Bengkulu melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menargetkan sebanyak 21 Rancangan Perda (Raperda) akan bisa rampung di tahun 2020 mendatang.

Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Bengkulu Zainalmenyatakan, sebanyak 21 raperda baik inisiatif eksekutif dalam hal ini Pemerintah Provinsi-Pemprov maupun legislatif, akan dimasukan ke dalam program pembenrtukan perda (propemperda).

“Kita (legislatif,red) optimis bisa mencapai target, meski tahun ini masih ada raperda yang belum selesai, karena semangat anggota dewan provinsi yang baru luar biasa,” ujar politisi PKB ini, Kamis, (12/12/2019).

Dikatakan, sebelum pihaknya memulai membahas sejumlah raperda tersebut, terlebih dahulu akan melakukan pemetaandan mengelompokan raperda yang akan dibahas pada masa sidang pertama, kedua dan ketiga.

Apalagi untuk raperda yang belum selesai pembahasan pada 2019, sebagian ada yang sedang dibahas dan ada juga yang ditunda. Seperti, Raperda RTRW saat ini sedang dalam pembahasan, tetapi belum bisa dilanjutkan.

"Raperda RTRW belum bisa dilanjutkan pembahasan karena masih ada materi prinsip, dan harus mendapat persetujuan dari Kementrian ATR/BPN.Artinya, kita sarankan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)sebagai leading sektornya untuk menjemput bolaataumeminta meteri prinsip agar ini bisa dilanjutkan,"ujar Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu ini.

Lebih lanjut Anggota DPRD Provinsi dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Kepahiang ini menjelaskan, ada juga raperda yang sedang pembahasan seperti, Raperda Retribusi, dan Raperda tentang kegiatan revisi PD Bimexmenjadi Perusahaan Terbatas (PT). Kemudian, ada raperda yang sudah selesai pembahasandantinggal menunggu hasil evaluasi dari Kemendagri yaitu Raperda tentang BUMD.

"Ada juga Raperda yang sudah siap, namun belum dibahas diantaranya insiatif dewan untuk Raperda Pendidikan dan KPID,"demikian Zainal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00