Ribuan THL Pemprov Bengkulu Naik Gaji dan BPJS Dijamin

KBRN, Bengkulu : Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mulai di tahun 2020 mendatang, selain akan mendapatkan kenaikan gaji serta perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Pernyataan itu diungkapkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, saat MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan pada acara

'Goevernor's lecture' yang bertema Kontribusi Tenaga Harian Lepass (THL) dalam bingkai semangat membangun Bengkulu, bertempat di Balai Buntar.

Diakui Gubernur, THL dijamin BPJS Ketenagakerjaan dan gajinya nauk memang sudah sejak lama dirancang, bahkan ketika masih menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Gubernur. 

"Awalnya gaji THL hanya sebesar Rp 1,2 juta, mulai kita naikan Rp 1,6 juta. Saat ini sudah dinaikkan Rp 1,8 juta, dan pada 1 Januari 2020 dinaikkan 2 juta. Jadi kenaikan ini bukan pertama tapi sudah lama bertahap dilakukan," ungkap Gubernur Rohidin, Selasa (10/12/2019).

Dijelaskan, tidak hanya kenaikan gaji saja, para THL juga akan mendapat gaji ketiga belas dan THR saat hari raya dengan besaran satu bulan gaji.

"Mudah-mudahkan tingkat kesejahteraan THL lebih baik lagi," kata Rohidin. 

Sementara dari data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, ada sebanyak 1.787 orang THL yang ada di lingkup OPD Pemrerintah Provinsi Bengkulu yang akan menerima kenaikan gaji dan menerima BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan itu ada sekitar 3.400an honoer Sekolah yang mulai di data dan akan disetarakan.

"Saya ingin memastikan bahwa hari ini perlindungan terhadap status mereka (THL, red) harus betul- betul dipastikan. Sejak hari ini, mereka tidak boleh diganti, tidak boleh diberhentikan. Bukan persoalan siapa pun yang menjadi gubernur, tapi ini kebijakan daerah, agar Aparatur Sipil Negara (ASN) ini semangat bekerja, rasa kebersamaannya tinggi dan semangat untuk membangun Bengkulu," terangnya. 

Dibagian lain, Sahrii yang sudah berusia 61 tahun, THL di Biro Umum Pemprov Bengkulu merasa gembira dengan apa yang disampaikan gubernur untuk kenaikan gaji dan akan menerima BPJS Ketenagakerjaan. 

"Mulai 2013 lalu saya sudah di Pemda, dinaikkan gaji baru tahun 2019 ini. Kita semua mendukung supaya Bengkulu kita lebih maju lagi," harapnya.

Senada dengan itu, Jenny Maya Yazahlia juga mengaku sangat senang dengan kebijakan yang Gubernur Bengkulu. Dengan demikian, tahun 2020 dirinya bisa melaksanakan tugas kedepan dengan lebih baik lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00