Moderasi Beragama Wujud Membangun Masyarakat Moderat

KBRN, Bengkulu : Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Zahdi Taher menekankan kepada seluruh jajarannya di Kabupaten Seluma untuk berkomitmen selalu mendorong dan meneguhkan moderasi beragama dalam kehidupan dan keseharian masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kakanwil ketika menjadi pembicara pada sosialisasi program Penguatan Moderasi Beragama (PMB) sekaligus memberikan pembinaan kepada PNS dan penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS dilingkungan Kemenag Kabupaten Seluma, Kamis (18/8/2022).

‘’Moderasi beragama merupakan bagian tak terpisahkan dari jati diri bangsa. Artinya cita-cita Pemerintah ini baik untuk negeri, untuk bangsa Indonesia yakni menjadikan masyarakat yang harmonis, dan rukun,’’ kata Zahdi didampingi Kakan Kemenag Seluma Heriansyah.

Apalagi menurut Kakanwil, penguatan Moderasi Beragama Kementerian Agama tercermin dalam Visi dan Misi Kementerian Agama Tahun 2022-2024. Visi 2020-2024 adalah menggapai Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul untuk mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong-royong.

 “Tujuan inilah yang menjadi kerangka besar Program Penguatan Moderasi Beragama di Kementerian Agama. Dengan demikian, semua unsur jajaran Kemenag Seluma harus mewujudkan cita-cita besar bangsa ini,’’ ungkapnya.

Untuk mewujudkan cita-cita besar itu, Kakanwil meminta jajarannya di Seluma agar perencanaan program PMB sudah disusun bahkan menjadi program unggulan Kemenag. Program ini harus dipastikan berjalan, dan menjadi prioritas.

‘’Karenanya saya minta setelah ini, sosialisasikan kepada masyarakat dan kawal,’’ pintanya.

Sementara itu dalam lawatannya ke Kabupaten Seluma, selain memberikan materi program PMB dan memberikan pembinaan kepada ASN, Zahdi juga menyerahkan hadiah perlombaan ibadah kemasyarakatan tingkat MI dilingkungan Kemenag Seluma. Yakni lomba tilawah putra, perlombaan tilawah putri, hapalan surat pendek, kemudian menyerahkan hadiah lomba sholat berjamaah dan lomba azan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar