Makna Persatuan dan Kesatuan Menurut Walikota Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Walikota Bengkulu Helmi Hasan menjadi inspektur upacara di Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia yang berlangsung di halaman kantor Walikota, Rabu (17/8/2022).

Upacara yang dipimpin Perwira upacara AKP Freddy Triandy Hasundungan dan Komandan upacara Kapten Laut Catur Subiyakto berlangsung dengan penuh khidmat dan dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur TNI/Polri, camat, lurah serta unsur ASN lingkup Pemkot Bengkulu, anggota DPRD Kota Bengkulu dan tamu lainnya.

Upacara HUT ke-77 RI tersebut berjalan dengan tertib dan lancar. Upacara diawali dengan pengibaran bendera sang merah putih yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibraka) Kota Bengkulu. Terlihat mereka berhasil menunaikan tugasnya.

Usai upacara, seperti biasanya, Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyampaikan pesan tersirat dari tanah kelahiran sang saka merah putih di hadapan para awak media. Pesan ini jalah berisi tentang pentingnya kesatuan dan persatuan dalam membangun dan mempertahankan NKRI tercinta.

"Persatuan dan kesatuan, ini pesan dari tanah kelahiran merah putih. Ini adalah modal besar kita untuk mengantongi ombak besar nanti, agar NKRI ini tetap bisa berlayar sebagai bangsa besar," terangnya.

Karena kesatuan dan persatuanlah yang membuat bangsa ini kuat dan hebat dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk para penjajah dahulu.

"Dengan persatuan-kesatuan inilah dulu bangsa kita bisa mengusir penjajah walaupun bermodalkan bambu runcing. Penjajah waktu itu kita tau memiliki pesawat, tank-tank canggih. Tetapi kemudian bisa ditaklukkan, bisa dihancurkan, bisa dikalahkan dan diusir dari NKRI, ini bukan karena bambu runcingnya, tetapi karena persatuan-kesatuan itu betul-betul kuat," jelas Helmi.

Di masa mendatang, Helmi juga berpesan kepada para generasi muda penerus bangsa untuk tetap memperkokoh persatuan dan kesatuan.

"Agar bangsa ini tetap bisa berlayar sebagai bangsa besar. Pesan dari tanah merah putih ayo kita perkokoh, kita perkuat persatuan-kesatuan bangsa. Jangan sampai perbedaan-perbedaan seperti agama, suku dan perbedaan lainnya membuat kita kemudian tidak bisa bersatu," tutupnya.

Rangkaian upacara HUT ke-77 RI ditutup dengan pemberian trofi dan plagam KLA dari Kemen PPPA, pemberian hadiah lomba tingkah kelurahan serta bantuan teknologi tepat guna kepada kelompok UPPKA Kota Bengkulu dan akhiri dengan pemberian penghargaan untuk para veteran oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar