Kabasarnas RI Tinjau Kesigapan Tim SAR Bengkulu

Foto Kabasarnas RI bersama Tim Basarnas Bengkulu
Kabasarnas RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi saat diwawancarai wartawan

KBRN, Bengkulu : Provinsi Bengkulu dikenal sebagai kawasan rawan bencana. Kesiapan personel dan alat utama (Alut) dalam penanganan bencana yang jika datang sewaktu-waktu harus dapat ditangani secepatnya.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Republik Indonesia Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Bengkulu, Kamis (11/8/2022).

"Agenda kunjungannya untuk meninjau kesigapan dan segala kebutuhan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu, sekaligus mengecek dan mengetahui kesiapan para personel dan Alut di Basarnas Bengkulu," kata Kabasarnas.

Sebelum ke Bengkulu ini, kata Kabasarnas, pihaknya sebelumnya mengunjungi Kantor SAR di wilayah barat Indonesia, seperti di Pangkal Pinang, Kalimantan Barat, Natuna, Sumatera Barat dan Anambas.

Ia melanjutkan Kantor SAR Bengkulu merupakan salah satu kunjungannya, karena Provinsi Bengkulu dikenal sebagai kawasan yang rawan bencana.

"Dengan geografis yang lengkap, di sini potensi gempa, tsunami, orang hilang, longsor, semuanya ada," ungkapnya.

Dia menerangkan, Kantor SAR Bengkulu sudah memiliki peralatan yang lengkap untuk pencarian dan pertolongan, tetapi belum mencukupi kebutuhan.

"Alat-alatnya sudah lengkap, tetapi kurang cukup," bebernya.

Tak hanya alat kelengkapan SAR, Henri menyebut kebutuhan personil Basarnas di seluruh Indonesia masih kekurangan. Sampai-sampai, lanjutnya, dalam satu anggota SAR harus mampu menangani 8.000 masyarakat.

"Di sini kami merangkul seluruh elemen masyarakat agar sigap terhadap bencana. Juga dengan adanya relawan tanggap bencana membuat kami terbantu dalam kondisi kedaruratan," kata Henri.

Kabasarnas berharap, dengan adanya penyediaan kelengkapan alat Alut, proses pencarian dan pertolongan tidak terkendala lagi jika terjadi ombak besar.

Dalam kunjungan kerja ini, Kabasarnas RI disambut Kabasarnas Provinsi Bengkulu Muhammad Arafah dan jajaran SAR serta DPW.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar