Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

asam lambung

KBRM, Bengkulu : Berikut adalah beragam penyebab asam lambung naik di malam hari:

1. Berada dalam posisi berbaring

Saat Anda duduk atau berdiri, gaya gravitasi membantu memindahkan makanan dan asam dari kerongkongan ke lambung. Namun, ketika Anda berbaring, cairan asam lambung dapat kembali naik ke kerongkongan.

2. Langsung tidur setelah mengonsumsi makanan

Tubuh membutuhkan waktu sekitar 4–5 jam untuk mencerna makanan. Jika Anda langsung tidur setelah makan, lambung yang dipenuhi makanan akan menekan katup yang berada di antara kerongkongan bagian bawah dan bagian atas lambung. Hal ini membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Berkurangnya produksi air liur

Air liur (saliva) berperan dalam menetralkan asam lambung. Akan tetapi, produksi air liur akan berkurang saat tidur sehingga dapat menjadi penyebab asam lambung naik di malam hari.

4. Berkurangnya refleks menelan

Saat tidur, refleks menelan menjadi berkurang. Padahal, refleks ini berperan penting untuk mendorong asam lambung bergerak ke bawah menuju lambung dan usus.

5. Mengonsumsi makanan pemicu asam lambung

Mengonsumsi makanan pedas, asam, berminyak, berlemak, atau mengandung kafein dapat memicu peningkatan asam lambung serta melemahkan katup lambung.

Selain itu, mengonsumsi cokelat, bawang bombay, bawang putih, serta mint sebelum tidur juga dapat menjadi penyebab asam lambung naik di malam hari.

6. Mengonsumsi obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum tidur dapat menjadi penyebab asam lambung naik di malam hari. Obat-obatan yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah antagonis kalsium untuk menurunkan tekanan darah, antikolinergik untuk penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan antidepresan trisiklik.

Sumber : Alodokter 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar