Faktor Usia, Ini Penyebab Lupa yang Perlu Diketahui

foto ilustrasi seorang perempuan tepuk jidat

KBRN, Bengkulu : Lupa sering kali dikaitkan dengan pertambahan usia. Padahal, ada faktor lain yang juga dapat menyebabkan Anda mudah lupa, seperti gaya hidup dan penyakit tertentu. Meski wajar terjadi, langkah pencegahan tetap perlu dilakukan agar kemampuan daya ingat tetap terjaga.

Kenali Beragam Penyebab Lupa

Pola hidup tidak sehat, seperti kebiasaan Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dapat mengganggu suplai oksigen dan fungsi otak sehingga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengingat sesuatu.

Selain kebiasaan tersebut, Dilansir laman Alodokter,  ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang lebih sering lupa, yaitu:

1. Kurang tidur

Kualitas dan waktu tidur yang kurang dapat menyebabkan penurunan kemampuan otak dalam memproses informasi dan mengingat. Tidur sebenarnya waktu yang tepat bagi saraf di otak untuk beristirahat.

2. Kekurangan nutrisi

Lupa juga bisa terjadi bila Anda kekurangan asupan nutrisi tertentu, seperti vitamin B1 dan vitamin B12. Hal ini karena kedua vitamin tersebut baik untuk menjaga kesehatan sel saraf di otak dan bagian lain dalam tubuh.

3. Stres dan depresi

Saat Anda dalam kondisi stres dan depresi, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang memengaruhi bagian hippocampus di otak. Hal ini dapat menyebabkan penderitanya kehilangan fokus dan sulit konsentrasi hingga akhirnya memengaruhi daya ingat, memori, dan kemampuan otak dalam mencerna informasi baru.

4. Konsumsi obat-obatan

Sejumlah studi mengungkapkan bahwa konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, antihistamin, antiansietas,antikolinergik, atau pelemas otot, dapat memengaruhi daya ingat. Hal ini karena jenis obat tersebut dapat memicu rasa kantuk, sehingga Anda akan sulit konsentrasi dan mudah lupa.

5. Kondisi atau penyakit tertentu

Kondisi tertentu, seperti cedera kepala  akibat kecelakaan, juga bisa mengakibatkan seseorang kehilangan ingatan, baik ingatan jangka pendek atau ingatan jangka panjang.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat dan terhindar dari lupa, yaitu:

  1. Membatasi konsumsi gula

Kadar gula darah berlebih dianggap dapat memicu peradangan di otak. Oleh karena itu, Anda perlu mulai mengurangi konsumsi gula agar fungsi otak tetap terjaga dan menjaga konsentrasi serta daya ingat. Dengan begitu, Anda tidak mudah lupa.

  1. Mengonsumsi suplemen minyak ikan

Suplemen minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif otak, yaitu kemampuan otak untuk mengolah dan menyimpan informasi. Kemampuan kognitif yang baik dapat mendukung daya ingat, sehingga Anda tidak mudah lupa.

  1. Mengurangi konsumsi alkohol

Konsumsi terlalu banyak alkohol juga bisa memberikan dampak negatif pada otak, seperti kerusakan otak dan penurunan kemampuan mengingat. Oleh karena itu, batasi konsumsi alkohol agar daya ingat dapat terjaga dengan baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar