Pramuka, Wadah Mendidik dan Membina Karakter Bangsa

Ryan Hidayat, Asisten Pembina Pramuka SMK Negeri 3  dan SMK Negeri 6 Kota Bengkulu

KBRN, Bengkulu: Sejak didirikan tanggal 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka telah menjadi wadah mendidik dan membina karakter serta jati diri bangsa Indonesia. Hal ini sejalan dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka yang harus dipahami setiap Anggota Pramuka, yang bermuara pada pembentukan manusia yang berakhlak mulia dan utamanya berkarakter Pancasila.

Asisten Pembina Pramuka SMK Negeri 3  dan SMK Negeri 6 Kota Bengkulu, Ryan Hidayat mengungkapkan pembinaan karakter ini yang terus dilakukan pada para Anggota Pramuka khususnya para Penegak di tingkat SMA/SMK sehingga diharapkan mereka memahami arti dari Karakter Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Ekstrakurikuler Gerakan Pramuka yang diwajibkan di sekolah sesuai Kurikulum 13, juga menjadi wadah bagi para generasi muda tersebut bertumbuh dan berkembang dalam pembentukan karakter dan sikap kepribadian mereka sesuai pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, serta penanaman nilai pancasila yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari." ungkap Ryan, Minggu (7/8/2022).

Dalam kegiatan itu pun, selaku Pembina mereka melakukan pemantauan dengan meminta pelaporan dari para penegak sebagai orientasi aplikatif yang telah dilakukan para penegak, ujarnya.

Jelang peringatan Hari Pramuka yang ke-61 tahun ini, Ryan Hidayat berharap keberadaan Gerakan Pramuka bisa mengambil peranan besar dalam upaya bela negara.

Sebagai Anggota Pramuka diharapkan tidak memisahkan namun harus menyatukan seluruh perbedaan yang ada di tengah masyarakat Indonesia yang beragam suku, agama, ras, dan adat istiadat, dengan begitu Karakter Kepramukaan yang memberikan wadah kepada generasi muda mencapai Ideology Pancasila dapat terwujud dalam penerapan sesuai Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar