Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

ilustrasi foto seseorang sedang sakit kepala sebelah

KBRN, Bengkulu : Sesuai namanya, sakit kepala sebelah terjadi di salah satu sisi kepala, baik bagian kiri atau kanan kepala saja. Kondisi ini dapat dialami siapa pun, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Terjadinya sakit kepala di salah satu sisi tersebut dapat dipicu oleh berbagai hal, seperti stres, kurang tidur, telat makan, cedera, bahkan penyakit tertentu, seperti migrain dan sakit kepala cluster.

Serangan sakit kepala sebelah juga dapat terjadi secara mendadak atau muncul secara perlahan saat sedang beraktivitas maupun beristirahat. Oleh karena itu, kondisi ini perlu diatasi agar Anda bisa melakukan aktivitas kembali tanpa hambatan.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Ada beberapa cara mengatasi sakit kepala sebelah yang dapat dengan mudah Anda lakukan, yaitu:

1. Konsumsi air dalam jumlah cukup

Cara mengatasi sakit kepala sebelah yang pertama adalah mencukupi asupan cairan tubuh dengan minum air. Kekurangan cairan tubuh dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi dan memperburuk gejala sakit kepala sebelah. Oleh karena itu, pastikan Anda minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

2. Lepaskan tekanan yang ada di kepala

Cara lain untuk meredakan sakit kepala sebelah adalah dengan mengurangi tekanan di kepala. Tekanan yang dimaksud seperti mengikat rambut terlalu kencang atau menggunakan bandana terlalu ketat. Hal ini bisa membuat kepala menjadi tegang dan memicu rasa sakit di kepala.Jika Anda mulai merasakan sakit kepala sebelah saat menggunakan ikat rambut atau bandana, segera lepaskan untuk mengurangi tekanan.

3. Penuhi waktu tidur dan istirahat

Stres diketahui sebagai salah satu pemicu munculnya sakit kepala sebelah. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk selalu mengendalikan stres. Tidur yang cukup atau beristirahat sejenak mampu menurunkan kadar stres sehingga rasa sakit kepala sebelah pun bisa berkurang.

4. Konsumsi kafein secukupnya

Konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh, diketahui dapat meredakan sakit kepala sebelah. Hal ini karena karena kafein dapat mengendurkan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah ke otak, dan meredakan rasa sakit yang muncul.Namun, konsumsi kafein yang berlebihan atau lebih dari 6 gelas per hari justru bisa memicu dan memperburuk sakit kepala sebelah, sebab kafein dapat menguras cairan tubuh dan menimbulkan dehidrasi serta membuat sulit tidur.

Oleh karena itu, bila sakit kepala sebelah muncul, konsumsi air putih yang cukup lebih dianjurkan daripada minuman berkafein guna mencegah efek samping yang bisa memperburuk sakit kepala sebelah.

5. Gunakan minyak esensial

Menghirup aroma minyak esensial juga dipercaya dapat meredakan sakit kepala sebelah. Efek yang ditimbulkan dari tiap jenis minyak esensial pun berbeda-beda. Minyak esensial lavender memiliki efek penenang, sedangkan minyak esensial peppermint diketahui dapat meredakan sakit kepala sebelah akibat stres.

6. Konsumsi jahe

Selain memanfaatkan minyak esensial, mengonsumsi jahe juga bisa menjadi alternatif pereda sakit kepala sebelah, karena jahe mengandung gingerol dan shagol, yang mampu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar