Dinkes Ajak Masyarakat Cegah Stunting dan COVID-19 dengan Germas

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

KBRN, Bengkulu : Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu terus berkomitmen dalam menurunkan angka stunting dan penyebaran wabah COVID-19 di wilayah ini. 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni dalam Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam Penurunan Stunting dan COVID-19, di Adeva Hotel Kota Bengkulu, Rabu (6/7/2022).

Herwan mengungkapkan salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan stunting dan COVID-19 yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. 

"Pola hidup sehat dapat diterapkan oleh seluruh masyarakat Bengkulu yakni dengan cara menerapkan Germas,” kata Herwan.

Menurutnya, ada 7 langkah yang dilakukan masyarakat untuk menerapkan Germas dikehidupan sehari-hari yakni mulai dari melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, rutin mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban.

“Kalau tujuh langkah tersebut diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari maka Insya Allah akan terhindar dari berbagai macam penyakit baik menular dan tidak menular," ujar Herwan.

Lebih lanjut, kata Herwan meskipun penyebaran COVID-19 telah di angka 0, namun ia meminta agar masyarakat tetap harus waspada dengan berbagai pencegahan yakni tetap memakai masker dan rutin mencuci tangan.

"Jika menerapan pola hidup sehat yang rutin, mudah-mudahan masyarakat dapat terjaga dari berbagai serangan penyakit terkhusus stunting," tukasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar