Pemkab Mukomuko Percepat Vaksinasi PMK

Penyuntikan vaksin PMK

KBRN, Bengkulu : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko mempercepat pelaksanaan vaksinasi  terhadap ternak untuk mencegah dan mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak yang ada di daerah ini. Pelaksanaan vaksinasi PMK ini sudah berlangsung sejak Senin (4/7/2022) di Desa Tanjung Mulya (SP9), Kecamatan XIV Koto.

Pj Sekda Mukomuko, Yandaryat mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi pada ternak ini sebagai upaya melakukan pencegahan adanya PMK pada hewan ternak yang ada di daerah ini. 

“Secara simbolis sudah dilakukan dan sekarang tinggal percepatannya lagi. Untuk pelaksanaan ini kita laksanakan di SP9,” katanya, dikutip laman resmi Pemkab Mukomuko, Rabu (6/7/2022).

Lanjutnya, untuk sementara ini ada sebanyak 1.000 dosis vaksin bantuan dari Dinas Peternakan dan  Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu yang akan disuntikan ke ternak di daerah ini.

“Ada 1.000 vaksin PMK yang disiapkan. Pemberian vaksin ini bertahap,”pungkasnya.

Ditambahkan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Mukomuko, Pitriyani mengatakan bahwa jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 1.000 dosis. Pelaksanaan vaksinasi PMK dilakukan bertahap dengan sebanyak 500 dosis setiap harinya.

“Hari ini pelaksanaan vaksin di beberapa desa yakni di Desa Tanjung Mulya, Kecamatan XIV Koto, kemudian Desa Wonosobo dan Desa Marga Mulya Sakti Kecamatan Penarik, serta Desa Air Buluh Kecamatan. InsyaAllah target 500 dosis selesai hari ini,” ucapnya.

Lanjutnya, pemberian vaksin PMK ini ditargetkan selesai selama tiga hari, karena berikutnya petugas kesehatan hewan di daerah ini akan fokus melakukan pemeriksaan hewan kurban. 

“Untuk 500 dosis vaksin PMK ini dilanjutkan tanggal 5 dan 6 Juli 2022. Karena tanggal 7-10 kita akan turun untuk pemeriksaan dan pengawasan hewan kurban,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar