Pemerintah bersama Koalisi Rakyat Pesisir Barat Dalami Masalah Tambang Pasir Besi Seluma

KBRN Bengkulu :  Setelah dua hari lalu ( 4 dan5 Juli 2022 ) melakukan aksi damai di depan kantor gubernur Bengkulu, Solidaritas rakyat dan masiswa dalam koalisi rakyat pesisir barat untuk mengakomodasi tuntutan rakyat dalam penolakan tambang pasir besi di Pesisir Barat Kabupaten Seluma,  telah menandatangani berita acara kesepakatan untuk melakukan peninjauan lokasi tambang secara bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Kepala Advokasi dan ProgramWalhi Bengkulu Dodi Faisal mengatakan berdasarkan berita acara nomor 100 / 70.7/2/ B.1/2022 mendatanagi satu kesepatakan yakni mendengarkan secara bersama-sama arahan gubernur Bengkulu berkenaan dengan permasalahan PT. Faming Levto Bakti abadi , kedua pihak perwakilan WALHI Bengkulu perwakilan aliansi mahasiswa Bengkulu dan perwakilan masyaraat menyampaikan data awal aktivitas ilegal oleh PT, Faming Levto Bakti Abadi dan ketiga pemerintaj provinsi Bengkulu dengan perwakilan Walhi Bengkulu, perwakilan aliansi mahasiswa Bengkulu, Perwakilan masyarakat , Inspektur Tambang kementrian ESDM dan pemerintah kabupaten seluma bersama-sama melakukan survey ke lapangan pada hari kamis 7 juli 2022 dengan titik temu di rumah juang desa pasar seluma.

" kami mendatangani kesepakatan, salah satunya Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Koalisi Rakyat Pesisir Barat mensepakati, Hari Kamis Tanggal 7 Juli 2022 melakukan survey kelapangan untuk mengetahui aktifitas pertambangan pasir besi di Kabupaten Seluma " Ujar Dodi Faisal,( 6 Juli 2022) "

Hingga berita ini di turunkan ungkap Dodi Faisal, pihak PT Faming Levto Bakti Abadi pagi tadi terindikasi  sedang berupaya menghilangkan bukti adanya aktifitas pertambangan, diantranya adanya  penimbunan bekas lobang tambang dengan alat berat dan juga akan mengangkut pasir keluar dari lokasi tambang. Rencana Hari Kamis 7 Juli 2022, pihak pemerintah Provinsi Bengkulu dalam hal ini diwakilkan oleh Plh. Sekretaris Daerah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. H. Fachriza, M.M dengan Perwakilan Koalisi Rakyat Pesisir Barat  dapat meninjau langsung ke lapangan. ( Pungkas Dodi )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar