Cara Mengatasi Sakit Perut yang Ampuh dan Alami

gambar ilustrasi seseorang sedang sakit perut

KBRN, Bengkulu : Sakit perut adalah nyeri tumpul yang biasanya tidak berlangsung lama. Dalam intensitas parah, penanganan diperlukan karena bisa saja dipicu oleh kondisi medis lain.

Cara Alami untuk Mengatasi Sakit Perut

Sakit perut menjadi masalah umum yang ditandai dengan mulas, refluks asam, mual, kembung, dan bersendawa. Dalam intensitas ringan sejumlah gejala tersebut dapat diatasi dengan cara alami, seperti: 

1. Konsumsi Yogurt

Cara mengatasi sakit perut yang pertama dilakukan dengan mengonsumsi yogurt. Kandungan di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, cara ini tidak disarankan bagi seseorang yang mengidap intoleransi laktosa, karena yoghurt berasal dari susu sapi yang difermentasi.

2. Konsumsi Banyak Air Putih

Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang meningkatkan kemungkinan sakit perut.

3. Hindari Posisi Berbaring

Saat berbaring, asam di perut cenderung ke atas, sehingga menyebabkan refluks. Jika penyebabnya adalah aliran asam, kamu perlu menghindari posisi ini hingga rasa sakit benar-benar membaik.

4. Mandi atau Gunakan Bantalan Pemanas

Panas dapat mengendurkan ketegangan otot dan meredakan gangguan pencernaan. Mandi atau menggunakan bantalan pemanas juga dapat membantu meringankan gejala sakit perut.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Cara alami mengatasi sakit perut yang terakhir adalah dengan menghindari rokok dan alkohol. Merokok dapat mengiritasi tenggorokan dan meningkatkan kemungkinan sakit perut. Jika pengidap sampai muntah, merokok dapat mengiritasi jaringan lunak yang sakit akibat asam lambung berlebihan.

Sedangkan alkohol, zat tersebut sulit dicerna, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan lapisan perut. Pengidap sakit perut harus menghindari rokok dan alkohol hingga benar-benar sembuh.

@Halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar