Penyebab Mata Minus Semakin Parah

ilustrasi gambar kacamata minus

KBRN, Bengkulu : Belum diketahui secara pasti penyebab mata minus dan alasannya bisa bertambah parah. Akan tetapi, para ahli percaya bahwa kondisi ini merupakan kombinasi antara faktor keturunan dan gaya hidup.

Bila Anda sudah menderita rabun jauh, berikut ini adalah beberapa penyebab mata minus semakin parah yang perlu Anda ketahui:

1. Faktor pertambahan usia

Mata minus bisa semakin parah seiring bertambahnya usia. Kondisi ini dapat bertambah buruk bila Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes atau melihat sesuatu yang dekat dalam jangka waktu lama, misalnya bekerja menggunakan komputer.

2. Kebiasaan membaca di cahaya redup

Sering membaca dengan cahaya redup juga dapat membuat mata minus bertambah parah. Meski saat membaca Anda merasa nyaman dan penglihatan tidak terganggu, tetapi mata akan terasa lebih cepat lelah.Cara yang baik untuk membaca adalah di bawah cahaya terang yang diarahkan langsung ke halaman buku.

3. Terlalu lama menatap layar gadget

Terlalu lama menatap layar gadget juga dapat memperburuk kondisi mata minus. Cahaya biru yang dikeluarkan dari layar gadget, seperti ponsel, laptop, tablet, atau televisi, dapat merusak retina dan menyebabkan mata minus semakin parah.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar