Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

ilustrasi 2 anak sedang sarapan

KBRN, Bengkulu : Sarapan menyimpan beragam keistimewaan bagi tubuh anak. Jika anak melewati sarapan, maka ia akan kehilangan manfaat penting dari sarapan. Menariknya lagi, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa sarapan bermanfaat untuk peningkatan aspek akademis di sekolah dan pertumbuhan anak.

“Secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi.” ujar Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika Serikat. 

Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

Bukan cuma faktor performa di sekolah saja, lo. Manfaat lain dari pentingnya sarapan untuk anak yang patut dipertimbangkan yaitu:

Agar Tidak Terlambat Ke Sekolah

Jika ingin anak selalu datang tepat waktu ke sekolah, cobalah biasakan ia sarapan minimal satu jam sebelum berangkat. Anak-anak yang terbiasa sarapan cenderung memiliki waktu yang luang di pagi hari. Mereka jadi bangun lebih pagi untuk mandi dan sarapan. Kegiatan ini tidak akan membuat anak datang terlambat ke sekolah. Sehingga manfaat lain dari sarapan yaitu untuk menjaga prestasi anak di sekolah.

Sebagai Pasokan Energi

Pada pagi hari, anak sedang berada dalam keadaan puasa selama 8-10 jam saat tidur. Maka dari itu, penting untuk memberikan asupan nutrisi pada anak. Mungkin orangtua menganggap bahwa kegiatan belajar di sekolah tidak terlalu membutuhkan tenaga dan energi. Padahal, dalam proses belajar anak justru sangat membutuhkan suplai energi yang digunakan untuk berpikir, menganalisa pelajaran, dan fokus pada pembelajaran. 

Mencegah Obesitas

Anak yang tidak sarapan akan merasa lebih cepat lapar. Dengan begitu, mereka pun cenderung jajan sembarangan di sekolah tanpa memperhatikan jenis makanan. Inilah alasan mengapa sarapan penting untuk anak. Jika sarapan di rumah, orangtua bisa memperhatikan kualitas dan jumlah kalori. Misalnya, dengan memberikan roti gandung, pisang, telur, susu, atau makanan sehat lainnya.

Mencegah Penyakit Maag

Dengan selalu memberikan sarapan, artinya orangtua telah membiasakan hidup sehat sejak kecil. Manfaat lain yang akan dirasakan yaitu anak terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan pencernaan, seperti penyakit maag. 

Penyakit maag biasanya muncul karena produksi asam lambung yang meningkat di perut. Nah, salah satu penyebab utamanya yaitu kebiasaan membiarkan perut kosong di pagi hari, alias tidak sarapan. Maka itu, anak sangat dianjurkan untuk sarapan sebelum beraktivitas. 

Menjaga Suasana Hati Anak

Pentingnya sarapan untuk anak selanjutnya berkaitan dengan mood atau suasana hati. Suasana hati sangat mempengaruhi banyak hal. Salah satunya dalam bersosialisasi dengan teman sebayanya. Anak yang beraktivitas dengan perut kosong, sering kali membuatnya lebih mudah tersinggung.

Meningkatkan Konsentrasi dan Memori

Melewatkan sarapan dapat memengaruhi konsentrasi anak atau membuat mereka jadi cepat lupa. Hal ini karena otak kekurangan energi dan membutuhkan bahan bakar dari makanan bergizi agar dapat  berfungsi dengan baik sepanjang hari. 

Untuk memastikan anak-anak menerima sarapan yang baik, pilihlah makanan sarapan yang sehat dan tinggi serat. Selain itu, pastikan makanan anak mengandung beberapa protein, dan mengandung indeks glikemik (GI) yang renda. 

@Halodoc  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar