Dinas Pertanian Mukomuko Bentuk Tim Pemeriksaan Kesehatan Hewan

KBRN, Bengkulu : Menjelang hari Raya Idul Adha 1443 hijriah, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko membentuk tim pemantau dan pemeriksa kesehatan hewan kurban di seluruh desa yang ada di 15 Kecamatan di daerah ini.

“Kami sudah bentuk tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang ada di daerah ini sebanyak 40 orang,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Fitriyani, Senin (4/7/2022).

Nantinya, kata dia, petugas yang yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan yakni mulai tanggal 7 dan 8 Juli mendatang.

"Hewan kurban yang telah diperiksa akan dikeluarkan surat sehat dari dokter hewan yang bertugas," kata Fitriyani.

“Tim pemeriksaan kesehatan hewan ini lokasi tugasnya sudah ditentukan. Nantinya dalam pemeriksaan kesehatan hewan pihaknya akan mengirimkan surat kepada pemerintah desa dengan tujuan agar hewan kurban dikumpulkan di satu titik untuk di lakukan pemeriksaan. Usai pemeriksaan dokter hewan yang memeriksa akan mengeluarkan hasil pemeriksaan berupa surat sehat atau sakit,” imbuhnya.

Lanjutnya, tim pemeriksaan kesehatan hewan ini akan bekerja secara maksimal, pasalnya saat ini satu desa di wilayah Kecamatan Penarik sudah ada kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Saat ini tim dari Puskeswan intens melakukan pemantauan di wilayah tersebut. Saat ini hewan ternak yang melintas baik masuk ataupun keluar di desa tersebut tidak diperbolehkan,' kata dia. 

“Hewan yang terinfeksi PMK tersebut hasil uji sample yakni 2 sapi dan 1 kambing positif terinfeksi PMK dan sudah dilakukan pemeriksaan.

"Hewan ternak yang terinfeksi PMK ini keadaan nya sudah membaik dan sudah mulai makan seperti biasanya. Kami juga sudah memberikan edukasi kepada peternak dan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar jangan cemas dan tetap waspada, apabila ada indikasi hewan ternak nya sakit ada indikasi terinfeksi PMK segera laporkan agar segera ditangani secepatnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar