Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan

daun dan biji ketumbang

KBRN, Bengkulu : Manfaat ketumbar segar memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh berupa karbohidrat, protein, zat besi, vitamin C, vitamin B2, dan vitamin A. Kandungan ini memberikan khasiat berupa mencegah beragam penyakit.

Manfaat daun ketumbar tidak hanya digunakan untuk menambah cita rasa makananketumbar juga digunakan sebagai obat herbal sejak dulu. .

Perbedaan daun ketumbar dengan daun peterseli dan seledri

Sebelum mengetahui manfaat daun ketumbar, perlu dipahami bahwa membedakan daun ketumbar dari peterseli dan seledri memang susah-susah gampang.  Tapi, jika Anda sering menggunakan ketiga daun ini, Anda pasti akan lebih mudah membedakannya berdasarkan tekstur dan aromanya.

Jika Anda belum terlalu familiar dengan daun ketumbar, berikut ini adalah perbedaannya jika dibandingkan dengan daun seledri dan peterseli.

1. Asal usul

Daun ketumbar adalah tanaman yang berasal dari Eropa Selatan dan Asia barat, sementara peterseli berasal dari Mediterania dan daun seledri berawal dari Inggris dan Prancis.

2. Tampilan dan tekstur

Jika berdasarkan tampilannya, daun ketumbar dapat dibedakan dari warnanya yang berwarna hijau terang. Selain itu jika disentuh, daun ketumbar terdapat bulu-bulu halus. Sementara daun peterseli lebih lembut dan lunak, serta daun seledri sedikit lebih kaku dengan warna lebih tua.

3. Aroma

Aroma daun ketumbar sangat tajam, bahkan lebih tajam jika dibandingkan dengan seledri.  Ada yang menyebut aroma daun ketumbar seperti lemon. Tetapi, bagi yang kurang suka, aroma daun ketumbar dianggap beraroma seperti sabun.

Manfaat daun ketumbar

Selain sebagai bumbu masakan, manfaat daun ketumbar bagi kesehatan juga telah dikenal luas.  Manfaat daun ketumbar dapat memberikan berbagai dampak positif bagi kesehatan karena daun ini mengandung banyak nutrisi. Dilansir laman Sehatq, Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat dari daun ketumbar.

1. Kaya akan nutrisi

Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun ketumbar tersebut dapat menyehatkan dan membantu sel tubuh agar dapat berfungsi sesuai perannya masing-masing.

2. Sebagai antiepilepsi

Berdasarkan penelitian, manfaat daun ketumbar dapat mengurangi kekambuhan kejang epilepsi. Komponen daun ketumbar yang bernama dodecanal terikat pada saluran kalium sehingga membuatnya tetap terbuka dan mengurangi eksitabilitas neuron yang dapat menyebabkan kejang.

3. Mengandung antioksidan

Daun ketumbar memiliki kandungan beta-karoten dan lutein yang dikenal sebagai antioksidan.  Kandungan antioksidan pada makanan dapat membantu mengurangi kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Hasil penelitian menunjukkan adanya kaitan antara aktivitas antioksidan dengan kandungan fenolik pada ekstrak daun ketumbar. Bahkan, jika dibandingkan dengan biji ketumbar, aktivitas dari daun ketumbar jauh lebih besar.

4. Mencegah diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang terkena diabetes, mengalami penurunan level gula setelah diberikan diet dan air ekstrak ketumbar. Meski demikian, penelitian ini belum dapat dibuktikan pada manusia penderita diabetes.

5. Mengandung zat antiradang dan dapat mengurangi rasa sakit

Berdasarkan penelitian, sebuah suplemen herbal yang terbuat dari ekstrak daun ketumbar telah terbukti mampu menurunkan peradangan dan rasa sakit yang diakibatkan oleh rheumatoid arthritis.

6. Berfungsi sebagai antimikroba

Penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat daun ketumbar lainnya adalah sebagai antimikroba. Konsumsi daun ketumbar dipercaya dapat mengurangi keberadaan bakteri esdherichia coli pada usus kecil.

7. Menjaga kesehatan otak

Manfaat daun ketumbar yang satu ini berasal dari kandungan antioksidannya. Terbukti, mengonsumsi makanan kaya antioksidan bermanfaat untuk mengurangi risiko penurunan kinerja otak, seperti Alzheimer hingga Parkinson.

8. Mengendalikan tekanan darah

Khasiat daun ketumbar terbukti mampu mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Bahkan, memiliki efek yang menyerupai obat ACE inhibitor, yaitu obat penurun tekanan darah. Jadi, kesehatan jantung pun terjaga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar