Penyebab Kulit Berminyak

ilustrasi gambar wajah seseorang perempuan

KBRN, Bengkulu : Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebih. Akibatnya, kondisi ini jadi rentan menyumbat pori-pori dan jerawat. Penyebab kulit berminyak perlu diatasi dengan perawatan yang tepat.

Kulit berminyak adalah jenis kulit yang terjadi akibat kelenjar sebasea memproduksi sebum dalam jumlah banyak. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengilap dan berkilau. Mengetahui penyebab kulit berminyak dan cara mengatasinya dengan tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. 

Keberadaan sebum memang sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit. Sebum adalah zat berminyak yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit. 

Apa penyebab wajah berminyak?

Ada berbagai penyebab wajah berminyak yang dapat terjadi. Beberapa di antaranya memang nampak mustahil untuk dicegah.  Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab muka berminyak agar cara mengatasinya dapat dilakukan dengan tepat. 

Dilansir laman Alodokter, Adapun berbagai penyebab wajah berminyak adalah sebagai berikut. 

1. Faktor genetik

Salah satu penyebab wajah berminyak yang umum terjadi adalah akibat faktor genetik atau keturunan yang berasal dari keluarga.  Jadi, apabila salah satu pihak orangtua memiliki muka berminyak, anaknya pun kemungkinan memiliki jenis kulit serupa. 

2. Faktor usia

Kulit berminyak cenderung memuncak di usia remaja dan dewasa muda  Kelompok remaja dan orang dewasa muda umumnya paling sering mengeluhkan muka berminyak. 

Bahkan, kelenjar sebasea dapat memproduksi sebum mencapai 500% ketika seseorang memasuki masa pubertas.  Namun, seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan protein pada kulit, termasuk kolagen.  Akibatnya, produksi sebum akan menurun sehingga kulit akan terasa lebih kering.

3. Pori-pori wajah membesar

Pori-pori wajah besar bisa menjadi penyebab wajah berminyak.  Hal ini karena pada wajah berminyak, kelenjar sebasea akan menghasilkan sebum atau minyak alami yang lebih banyak. Pori-pori wajah bisa membesar akibat pertambahan usia, perubahan berat badan, maupun ketidakcocokan kulit terhadap penggunaan produk perawatan kulit tertentu. 

4. Perubahan cuaca atau iklim

Penyebab wajah berminyak bisa karena perubahan cuaca dan iklim.  Seseorang yang tinggal atau sedang berada di lokasi yang cuaca atau iklimnya panas dengan kelembapan udara yang tinggi, berisiko untuk membuat kulit semakin berminyak.  Kulit juga cenderung mengkilap pada saat musim panas.

5. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat membuat kelenjar minyak memproduksi sebum berlebihan sehingga menjadi penyebab wajah berminyak.  Kondisi ini biasanya muncul karena menstruasi, kehamilan, menopause, penggunaan alat kontrasepsi, dan berbagai faktor lainnya. 

6. Melewatkan penggunaan pelembap

Pelembap untuk kulit berminyak tetap penting digunakan  Pemilik kulit berminyak seringkali menganggap bahwa penggunaan moisturizer dapat membuat kulit wajah berminyak.  Padahal, moisturizer untuk kulit berminyak sangat penting menjaga kelembapan kulit dan tetap terhidrasi dengan baik.  Terlebih jika Anda sehari-hari menggunakan obat jerawat mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida.

7. Membersihkan atau mengeksfoliasi wajah berlebihan

Mencuci muka dan mengeksfoliasi wajah merupakan rangkaian perawatan kulit yang tak kalah penting bagi pemilik kulit berminyak.  Namun, jika mencuci muka dilakukan terlalu sering, kelenjar sebasea justru meresponsnya sebagai suatu kondisi darurat.  Akibatnya, sebum atau minyak alami pada kulit akan diproduksi lebih banyak. 

8. Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat

Penting untuk menggunakan produk skincare khusus kulit berminyak  Penyebab wajah berminyak juga dapat dipicu oleh penggunaan produk skincare yang tidak tepat.  Misalnya, Anda memiliki kulit berminyak, tetapi justru menggunakan produk perawatan kulit yang ditujukan untuk kulit kering.

9. Terlalu banyak mengonsumsi makanan indeks glikemik tinggi

Bagi sebagian orang, konsumsi makanan tinggi indeks glikemik tinggi, seperti gula, karbohidrat, dan lemak jenuh, dapat menyebabkan produksi sebum menjadi aktif. Inilah yang menjadi penyebab wajah berminyak selanjutnya. 

10. Stres

Stres yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan kulit berminyak terjadi.  Pasalnya, saat seseorang mengalami stres, produksi hormon kortisol akan meningkat.  Akibatnya, kulit akan memproduksi lebih banyak yang berisiko memicu munculnya masalah kulit lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar