Beragam Manfaat Berenang bagi Ibu Hamil

KBRN, Bengkulu : Olahraga tetap harus dilakukan meski sedang hamil. Namun tentu saja, perlu dilakukan beberapa penyesuaian dan pilih jenis olahraga yang aman bagi ibu hamil. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah berenang. Faktanya, berenang bisa memberi sederet manfaat bagi ibu dan janin yang dikandung. 

Berenang adalah jenis olahraga yang menyenangkan serta menyehatkan. Jika dilakukan dengan cara yang benar, ada banyak manfaat yang bisa bumil dapat dari olahraga air yang satu ini. Pasalnya selama berenang, bumil bisa bergerak bebas di dalam air, serta lebih sedikit risiko cedera dan terjatuh. Olahraga ini juga bisa “mendinginkan” tubuh sehingga membuat bumil merasa lebih nyaman. 

Manfaat Berenang bagi Ibu Hamil 

Jika dilakukan dengan benar, berenang bisa menjadi jenis olahraga yang sangat bermanfaat bagi bumil. Selain itu, berenang juga bisa memberi banyak manfaat, antara lain:

Melancarkan Sirkulasi Darah 

Salah satu manfaat berenang bagi ibu hamil adalah melancarkan peredaran darah. Olahraga ini juga bisa memperkuat jantung, sehingga bisa memenuhi kebutuhan oksigen bagi bumil dan janin yang dikandung. 

Mencegah Kegemukan 

Hal yang wajar jika bumil mengalami kenaikan berat badan. Namun, bukan berarti hal ini boleh dibiarkan begitu saja sampai ibu mengalami kegemukan. 

Penting untuk tetap menjaga berat badan meskipun sedang hamil. Salah satunya adalah dengan cara rutin berolahraga, termasuk berenang. Jenis olahraga ini bisa membantu membakar lemak dan menjaga berat badan stabil. 

Mengatasi Nyeri Punggung 

Bumil juga akan mengalami keluhan nyeri pada punggung atau area tubuh lain. Hal ini bisa terjadi karena pertumbuhan janin yang semakin besar membuat tulang belakang harus bekerja lebih keras dalam menopang tubuh. 

Nah, salah satu manfaat berenang bagi ibu hamil adalah mengurangi gejala nyeri tersebut. 

Mengatasi Sulit Tidur 

Gangguan tidur malam hari juga bisa dialami bumil, terutama saat ukuran perut semakin besar dan membuat posisi tubuh tidak nyaman. Hal ini bisa diatasi dengan rutin berenang. Sebab, olahraga ini bisa membuat tidur malam lebih nyenyak, dan bisa membantu meredakan stres yang dialami bumil. 

Sendi dan Otot Lebih Kuat 

Gerakan tubuh yang aktif saat berenang bisa memberi manfaat sehat untuk sendi dan otot. Jenis olahraga ini bisa membuat sendi dan otot menjadi lebih kuat. Hal ini akan membuat bumil merasa lebih nyaman, tidak mudah lelah, serta mengatasi pegal-pegal pada tubuh. 

Menghilangkan Pembengkakan di Lengan dan Kaki

Dampak kehamilan yang juga mengganggu ibu hamil adalah timbulnya varises dan pembengkakan. Selain dapat meredakan sakit punggung, berenang juga dapat meredakan pembengkakan yang biasanya terjadi pada lengan dan kaki.

Melancarkan Persalinan 

Manfaat berenang bagi ibu hamil selanjutnya adalah melancarkan proses persalinan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa berenang bisa mengatasi posisi bayi yang sungsang. Jika menjelang hari melahirkan, posisi bayi masih terbalik, ibu hamil disarankan untuk berenang.

@Halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar