Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Perlu Dikenali

Penanganan penyakit jantung pada wanita

KBRN, Bengkulu : Ciri-ciri serangan jantung pada wanita antara lain nyeri dada, sakti di rahang, leher, dan punggung, sesak napas, berkeringat tanpa sebab yang jelas, kelelahan yang parah, dan gangguan tidur.

Ciri-ciri serangan jantung pada wanita secara umum tidak jauh berbeda dari pria. Meski begitu, ada beberapa kondisi berebeda yang perlu disadari keberadaannya, sehingga saat merasakan gejala tersebut, perawatan tidak terlambat diberikan.

Pada wanita, gejala serangan jantung biasanya tidak terasa sejelas pria. Hal ini membuat seringkali wanita tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami sakit jantung dan datang ke dokter saat kerusakan yang terjadi sudah cukup parah.

Ciri-ciri serangan jantung pada wanita yang perlu dikenali

Dilansir laman Sehatq,Berikut ini ciri-ciri serangan jantung pada wanita yang kerap terjadi:

1. Nyeri dada

Nyeri dada  yang disebabkan oleh serangan jantung biasanya terasa di bagian tengah dan bertahan selama beberapa menit. Pada beberapa orang, nyeri tersebut bisa pergi dengan sendirinya lalu kembali lagi.

2. Sesak napas

Kesulitan bernapas bukan hanya terjadi pada orang yang mengalami gangguan di paru-paru. Wanita yang mengalami serangan jantung juga akan merasakannya, terutama jika sedang berbaring. Saat kembali duduk, rasa sesak napas bisa saja hilang atau membaik.

3. Nyeri pada rahang, leher dan punggung

Nyeri pada rahang, leher, dan punggung juga merupakan ciri-ciri serangan jantung pada wanita, terutama kalau Anda tidak bisa menunjuk dengan jelas bagian mana yang menjadi sumber nyeri.  Biasanya rasa nyeri ini akan semakin parah saat Anda melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga dan akan berhenti sesaat setelah kegiatan tersebut dilakukan.

4. Badan terasa sangat lelah

Rasa lelah tentu adalah hal yang wajar dialami. Meski begitu, rasa lelah yang menjadi ciri-ciri gejala serangan jantung pada wanita, berbeda dengan rasa lelah akibat terlalu banyak kegiatan.

5. Gangguan pencernaan

Rasa tidak nyaman pada wanita yang mengalami serangan jantung juga bisa terasa di bagian perut maupun organ pencernaan lainnya. Perut biasanya akan terasa nyeri dan tertekan. Anda juga mungkin akan merasakan mual hingga muntah maupun gangguan pencernaan lainnya.

6. Susah tidur

Wanita yang pernah mengalami serangan jantung banyak yang melaporkan bahwa mereka merasa kesulitan untuk tidur sejak beberapa minggu sebelum didiagnosis mengalami serangan jantung.

7. Berkeringat tanpa sebab yang jelas

Keluarnya keringat tanpa sebab yang jelas kerap dianggap bukan hal yang berbahaya, padahal sebenarnya ini bisa jadi salah satu ciri-ciri serangan jantung pada wanita yang patut diwaspadai. Apabila Anda berkeringat tanpa sebab yang jelas dan badan terasa dingin dan lengket, sebaiknya segera perhatikan kondisi lain yang sedang Anda rasakan.

8. Kesulitan melakukan hal yang sebelumnya bisa dilakukan

Ciri-ciri serangan jantung pada wanita yang satu ini memang tidak terlalu spesifik, namun tetap perlu diperhatikan sebagai salah satu tanda bahwa Anda perlu mulai waspada.  Maksud dari kesulitan melakukan hal yang sebelumnya bisa dilakukan adalah berkurangnya stamina atau kekuatan tubuh tanpa sebab yang jelas. Misalnya, sebelumnya Anda sanggup berjalan di atas treadmill selama 20 menit namun saat ini baru 10 menit sudah membuat Anda tidak sanggup bergerak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar