Kenali Tanda Depresi saat Bekerja yang Perlu Ditangani

KBRN, Bengkulu : Stres bisa terjadi di mana saja, termasuk di lingkungan pekerjaan. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini bisa memburuk dan menyebabkan seseorang bisa mengalami kondisi mental yang lebih berat, yaitu depresi. Tidak hanya itu, gangguan mental yang dibiarkan begitu saja juga bisa meningkatkan risiko terjadinya beragam masalah kesehatan fisik. 

Karena itu, penting untuk mengenali tanda depresi saat bekerja, yang juga sering disebut dengan istilah burnout. Setelah mengenali gejalanya, penting juga untuk mengetahui cara mengatasi stres maupun depresi saat bekerja. Sebab meskipun umum terjadi, kondisi ini sebaiknya tidak disepelekan begitu saja.

Lantas, apa saja gejala dan tanda depresi saat bekerja? 

Mengenal Beragam Tanda Depresi saat Bekerja 

Stres saat bekerja bisa memicu gejala fisik maupun gangguan mental, salah satunya bahkan bisa berujung pada depresi. Kalau sudah begitu, gejala yang muncul biasanya akan lebih berat dan berdampak pada produktivitas. Jika semakin lama dibiarkan, stres saat bekerja bisa menghambat proses penyelesaian pekerjaan, bahkan mengacaukan kehidupan sosial di lingkungan kerja. 

Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala, selalu merasa lelah, susah tidur di malam hari, sakit perut, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan produktivitas sehari-hari. Selain memicu gejala fisik, stres saat bekerja juga bisa memicu seseorang melampiaskannya dengan melakukan hal-hal tidak menyehatkan, seperti makan berlebih. 

Stres saat bekerja bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih parah, termasuk depresi dan gangguan kecemasan. Hal ini juga meningkatkan risiko penyakit serius, seperti obesitas, hipertensi, penyakit jantung, hingga diabetes. Tanda depresi saat bekerja bisa dikenali melalui gejala fisik dan psikologis. 

Namun, gejala yang muncul biasanya akan berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat stres yang dialami dan apa yang menjadi pemicunya. Secara umum, ada beberapa gejala dan tanda seseorang mungkin mengalami depresi saat bekerja, antara lain: 

Gejala Fisik 

Selalu merasa kelelahan. 

Sakit kepala..

Susah tidur di malam hari alias insomnia. 

Jantung berdebar.

Nyeri dan tegang di otot-otot tubuh. 

Gangguan pencernaan.

Perubahan nafsu makan, bisa menurun atau malah naik.

Gejala Psikologis 

Sulit berkonsentrasi.

Penurunan produktivitas.

Tidak bersemangat dan selalu datang terlambat ke kantor.

Cemas, mudah putus asa, dan pesimis. 

Mudah lupa.

Tidak percaya diri.

Menghindari interaksi dan menarik diri dari lingkungan kantor. 

Depresi saat bekerja juga menyebabkan pengidapnya kehilangan minat pada pekerjaan, sehingga sering terlihat tidak memikili motivasi, salah menerima infomasi, serta sering mengambil cuti. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kondisi ini, salah satunya tuntutan pekerjaan yang terlalu berat. Depresi saat bekerja juga bisa disebabkan oleh lingkungan kerja yang kurang membuat nyaman. 

Faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab kondisi ini adalah tidak ada kesempatan untuk peningkatan karier, memiliki hubungan yang tidak baik dengan atasan atau rekan kerja, diskriminasi di lingkungan kerja, serta tidak pernah mendapatkan apresiasi atas apa yang sudah dikerjakan. 

@Halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar