Manfaat Buncis bagi Kesehatan, Kaya Serat dan Vitamin

kacang buncis

KBRN, Bengkulu : Manfaat buncis untuk kesehatan sangat banyak, mulai dari mencegah depresi, meningkatkan kesuburan, hingga melawan kanker. Ini karena kandungan buncis kaya akan gizi penting, mulai dari serat, vitamin C, vitamin K, hingga folat.

Manfaat buncis ternyata begitu banyak. Selain lezat, sayuran yang sering ditemui di "warteg" dan warung makan kaki lima ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Entah itu ditumis, dijadikan pelengkap salad, hingga dimakan mentah sebagai lalapan, buncis bisa menambah nutrisi dalam pola diet Anda. Mari kenali beragam manfaat buncis ini.

Manfaat buncis untuk kesehatan

Dunia Barat mengenal buncis dengan sebutan green beans atau snap beans. Di Amerika Serikat saja, buncis juga dijadikan “pendamping” saat menyantap steak untuk menambah nutrisinya. Berikut ini beberapa manfaat buncis yang bisa Anda rasakan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Satu cangkir sayur buncis mentah hanya mengandung 31 kalori. Tidak ada lemak pada sayuran berwarna hijau ini. Terlebih lagi, buncis hanya memiliki sekitar 3,6 gram gula. Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, buncis bisa jadi pilihan makanan sehari-hari.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Buncis sama sekali tidak mengandung kolesterol. Itu artinya, buncis adalah makanan yang baik untuk jantung. Malahan, buncis bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, sehingga risiko penyakit jantung pun turun.

Jika dimakan mentah-mentah, buncis mengandung 2,7 gram serat. Namun apabila sudah dimasak, seratnya malah akan meningkat jadi 4 gram. Serat yang dikandung buncis bisa menyelamatkan Anda dari penyakit jantung, apalagi kalau sering mengonsumsinya.

3. Mencegah kanker

Mungkin Anda bertanya, mengapa buncis sering jadi “pendamping” makan steak? Ketahuilah, daging yang dipanggang dalam temperatur tinggi, berpotensi menimbulkan efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang bisa menyebabkan kanker.

4. Meningkatkan kesuburan

Menurut Harvard Medical School, makanan kaya zat besi bisa meningkatkan kesuburan pada wanita yang ingin hamil. Buncis pun mengandung zat besi yang cukup tinggi, yakni 1,03 miligram (mg). Jika Anda ingin mengonsumsinya dengan niat meningkatkan kesuburan, tambahkan makanan bervitamin C, supaya kemampuan tubuh menyerap zat besi semakin meningkat.

5. Mencegah depresi

Aneh tapi nyata, mungkin itulah kata-kata yang mampu menggambarkan manfaat buncis yang satu ini. Manfaat buncis untuk mencegah depresi datang dari kandungan folatnya. Kadar folat yang cukup, bisa mencegah kelebihan homosistein.

6. Mengandung protein

Satu cangkir buncis mentah mengandung 2 gram protein. Itu tandanya, buncis adalah makanan berpotensi tinggi yang bisa meningkatkan sistem imun manusia. Selain itu, protein yang dikandung buncis juga bisa menjaga kesehatan tulang, rambut, sampai otot.

7. Sumber vitamin

Sedang mencari sayuran dengan vitamin melimpah? Jangan pusing lagi, beli saja buncis. Sebab, sayuran ini mengandung vitamin C, yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kulit dari stres oksidatif.

8. Mengandung mineral

Kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, hingga zinc merupakan beberapa zat mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, dan bisa ditemukan pada buncis. Buncis juga mengandung mangan, zat mineral yang bisa meningkatkan metabolisme dan memiliki kemampuan antioksidan. Selain itu, mangan juga bisa mendukung kesehatan tulang dan mempercepat penyembuhan luka.

9. Meningkatkan energi

Jika dibandingkan bayam, buncis memiliki kadar zat besi dua kali lipat lebih banyak. Zat besi adalah komponen dari sel darah merah yang penting dalam menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh sel dalam tubuh. Itulah sebabnya, buncis disebut sebagai makanan ajaib yang bisa meningkatkan energi.

10. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat buncis selanjutnya ialah mengandung vitamin K yang melimpah. Vitamin ini dikenal dengan kemampuannya dalam menyehatkan tulang. Vitamin K bekerja dengan mengaktifkan osteocalcin (protein non-kolagen utama) di dalam tulang. Senyawa ini mengunci molekul kalsium, dan menguatkan tulang dari dalam.

11. Baik untuk kesehatan mata

Buncis uga mengandung karotenoid untuk mencegah degenerasi makula (kondisi yang berdampak buruk pada penglihatan dan fungsi mata). Buncis juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua vitamin yang bisa menjaga kemampuan mata dalam kondisi gelap.

Berbagai khasiat buncis di atas, mulai dari kandungan serat yang penting untuk pencernaan, dipercaya untuk mencegah kanker, hingga menyehatkan tulang tentunya sangat menggiurkan. Jadikanlah buncis untuk menu harian Anda, guna meningkatkan kesehatan Anda dengan optimal.

12. Baik untuk penderita diabetes

Buncis adalah salah satu sayuran yang mengandung serat, vitamin, dan mineral. Manfaat buncis untuk diabetes baik karena memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah.

13. Bermanfaat untuk ibu hamil

Buncis mengandung zat besi dan asam folat, nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Berkat kandungannya inilah, manfaat buncis untuk ibu hamil sangat beragam, mulai dari mencegah anemia, mencegah depresi, baik untuk kesehatan tulang, hingga melancarkan pencernaan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar