KPUD Kab. Kaur Berupaya Tingkatkan Partisipasi Pemilih Disabilitas

Komissioner KPU Kaur Divisi Teknisi Irpandi

KBRN, Bintuhan : Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kaur menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2024, akan meningkat dari Pemilu 2019 dan Pilkada 2020, termasuk partisipasi pemilih disabilitas.

Komisioner  KPUD Kabupaten Kaur Divisi Teknisi Irpanandi kepada RRI menyatakan, pada Pemilu 2019 lalu pemilih disabilitas sebanyak 272 orang, sedangkan Pilkada 2020 mencapai 500 lebih. Mereka tergabung dalam penyandang disabilitas intelektual, mental, fisik, serta sensorik.  Dalam upaya meningkatkan jumlah partisipasi pemilih disabilitas, KPU akan melakukan pendataan dan peran aktif masyarakat.

“Untuk pendataan Disabilitas, kami mengharpkan bantuan dan dukungan dari masyarakat, mengingat  ada pemilih disabilitas yang belum masuk DPT lantaran masih adanya keluarganya yang enggan atau malu didata.” jelas Irpanandi.

Untuk akses disabilitas, Irpanandi mengungkapan,  pihaknya akan memfasilitasi terutama dalam penentuan TPS yang ramah dan strategis, selain menyiapkan alat coblos, templet brile dan memberikan pendampingan.

"Para penyandang disabilitas tidak perlu minder atau ragu untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih Pemilu Serentak 2024 mendatang. Bahkan kami berharap penyandang disabilitas juga dapat berkontribusi ikut sebagai penyelenggara pemilu ditingkat adhoc, seperti Panitia Pemungutan Suara atau Kelompok Panitia Pemungutan Suara.” ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar