Manfaat Daun Pepaya bagi Tubuh

KBRN, Bengkulu : Selain buahnya yang enak dan kaya nutrisi, manfaat daun pepaya bagi kesehatan juga cukup banyak. Tak heran jika daun ini sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. 

Mau tahu apa saja manfaat kesehatan dari daun ini? Yuk simak ulasannya!

Berbagai Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung senyawa tanaman unik yang telah menunjukkan potensi farmakologis yang luas. Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan:

Mengobati Gejala Demam Berdarah

Salah satu kegunaan daun pepaya yang paling populer adalah sebagai obat untuk gejala demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit infeksi virus yang ditularkan melalui nyamuk. 

Penyakit ini dapat menimbulkan gejala seperti flu, seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit. Meskipun belum ada obat khusus untuk demam berdarah, beberapa perawatan tersedia untuk mengelola gejalanya, salah satunya adalah daun pepaya.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah. Hal ini karena daun pepaya memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah daun pepaya dapat digunakan untuk membantu mengelola kadar gula darah tinggi pada manusia.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala masalah pencernaan, seperti perut kembung. Hal ini karena daun pepaya mengandung serat dan senyawa unik yang disebut papain.

Papain terkenal karena kemampuannya untuk memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna. Itulahh sebabnya daun pepaya juga sering disunakan sebagai pelunak daging dalam praktik kuliner.

Menjaga Kesehatan Kulit

Daun pepaya sering dikonsumsi sebagai makanan atau dioleskan ke kulit sebagai cara untuk menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan tampak awet muda.

Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati. Ini juga berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, rambut tumbuh ke dalam, dan jerawat.

Itulah pembahasan mengenai manfaat daun pepaya bagi tubuh. Meski manfaatnya banyak, penting untuk tetap mengutamakan pengobatan medis jika mengalami masalah kesehatan. 

@Halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar