Potensi Hujan Lebat Mengguyur Bengkulu hingga Esok

Prakirawaan cuaca BMKG Fatmawati Bengkulu Winda Ayu

KBRN, Bengkulu : Prakirawaan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu, Winda Ayu menyampaikan potensi hujan masih akan berlangsung hingga Jumat (1/6/2022) esok. 

"Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih akan berpotensi mengguyur Provinsi Bengkulu hingga esok," kata Winda, Kamis (29/6/2022). 

Winda mengatakan hujan disertai angin kencang ini terjadi hampir di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu seperti Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Seluma dan Kepahiang.  

Adapun penyebabnya dikarenakan adanya beberapa gangguan dinamika atmosfer berupa MGO (magnesium oksida) di Samudra Hindia, gelombang ekuator piccolo konvergensi dan belokan angin di wilayah Provinsi Bengkulu,.

Ia menambahkan adanya pelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas, yang menyebabkan beberapa perkembangan awan-awan hujan di wiayah Bengkulu.

Winda menghimbau agar masyarakat waspada dengan kondisi cuaca saat ini, karena dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi.

“Hujan dari intensitas ringan, sedang hingga lebat bisa berakibat pada bencana alam seperti banjir dan longsor,” demikian Winda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar