Manfaat Susi Beras, Si Susu Nabati yang Lezat dan Putut Dicoba

KBRN, Bengkulu : Susu beras memang tidak sepopuler susu nabati lainnya, misalnya SUSU Almond atau susu kedelai. Akan tetapi, susu yang terbuat dari beras dan air putih ini menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan yang tidak boleh diremehkan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Beraneka manfaat susu beras yang baik untuk kesehatan tubuh

Dilansir laman Alodokter, Ada beberapa manfaat susu beras yang dapat kita nikmati, di antaranya:

1. Perawatan kulit

Manfaat susu beras dalam merawat kulit datang dari kandungan asam dan antioksidannya, seperti asam aminobenzoat yang dipercaya bisa menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, asam aminobenzoat dipercaya ampuh dalam mengatasi kulit keriput dan bercak membandel di kulit. Sehingga, tidak heran jika terdapat banyak produk sabun susu beras yang dipercaya mampu merawat kulit.

2. Mencegah penyakit kronis

Berbagai macam antioksidan yang ditemukan dalam susu beras dipercaya dapat meningkatkan kekuatan dari sistem imun. Kandungan ini juga mampu membantu tubuh melawan stresoksidatif dan peradangan, yang sering kali menjadi penyebab berbagai penyakit kronis.

3. Mencegah kekurangan vitamin B12

Sebagian orang lebih rentan mengalami kekurangan atau defisiensi vitamin B12 karena tubuhnya tak mampu menyerap vitamin tersebut dengan baik. Selain itu, orang yang jarang mengonsumsi sumber-sumber vitamin B12 juga rentan mengalami masalah ini.

Orang yang lanjut usia, vegan, vegetarian, dan orang yang baru menjalani operasi pada sistem pencernaan biasanya direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12 atau mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan vitamin B12.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat susu beras selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Dilansir dari Organic Facts, susu beras tidak mengandung kolesterol sama sekali. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi penderita obesitas dan penyakit jantung. Ditambah lagi, manfaat susu beras juga diyakini bisa menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

5. Meningkatkan kepadatan tulang

Produk susu beras yang dijual di pasaran cenderung sudah difortifikasi atau diperkaya dengan mineral, seperti kalsium, vitamin D, zat besi dan magnesium. Sederet mineral ini dapat membantu Anda meningkatkan kepadatan tulang sehingga risiko osteoporosis dapat diturunkan.

6. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Susu beras tidak mengandung laktosa sehingga dapat diterima dengan mudah oleh sistem pencernaan. Bahkan, susu beras juga dianggap mampu melawan bakteri di dalam usus sehingga infeksi dan gangguan pencernaan dapat dihindari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar