Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

KBRN, Bengkulu : Kaya akan kandungan nutrisi, manfaat kayu manis untuk kesehatan sangat beragam. Potensi khasiat herbal ini, antara lain mengurangi risiko penyakit diabetes dan jantung.

Manfaat kayu manis yang cukup dikenal adalah mengatasi penyakit diabetes, tetapi kayu manis masih memiliki khasiat lain untuk kesehatan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

Khasiat kayu manis untuk kesehatan sangat menjanjikan, karena kayu manis tidak hanya berpotensi untuk mengatasi kanker, tetapi juga dapat membantu mengatasi gejala akibat multiple sclerosis. Berikut adalah beberapa manfaat kayu manis yang tidak boleh dilewatkan:

1. Mengatasi penyakit diabetes

Manfaat kayu manis untuk diabetes yang diketahui oleh masyarakat umum biasanya adalah khasiat kayu manis dalam menurunkan kadar gula darah. Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dengan menurunkan jumlah glukosa atau gula yang masuk ke dalam darah setelah makan dengan memperlambat proses dicerna karbohidrat.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat kayu manis untuk kesehatan selanjutnya, yaitu menurunkan peluang terkena penyakit jantung dengan menurunkan kadar gula darah, kolesterol jahat LDL, dan tekanan darah yang merupakan faktor yang berkontribusi dalam kemunculan penyakit jantung. Selain itu, rebusan air kayu manis juga dipercaya ampuh meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. 

3. Memiliki kandungan anti radang

Peradangan adalah salah satu pertahanan tubuh, tetapi peradangan yang berlebih dapat merusak jaringan tubuh. Manfaat kayu manis terletak pada kandungan anti radangnya yang dapat menurunkan peradangan yang berpotensi membahayakan tubuh.

4. Meningkatkan sensitivitas insulin

Selain menurunkan kadar gula darah, khasiat kayu manis adalah untuk menurunkan resistensi insulin atau kondisi saat hormon insulin yang membantu mengatur metabolisme dan penyaluran gula dari darah ke sel tubuh tidak dapat bekerja dengan baik.

5. Alternatif menyembuhkan kanker

Manfaat kayu manis yang menakjubkan adalah potensinya dalam mencegah dan menyembuhkan kanker. Kayu manis bekerja dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor.

6. Kaya akan antioksidan

Manfaat rebusan kayu manis dapat menjadi minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan polifenol dalam kayu manis membuatnya mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

7. Melindungi saraf dan sel otak

Kayu manis diyakini mampu mengatasi penyakit neurodegeneratif yang ditandai dengan menurunnya struktur atau fungsi dari sel otak. Penyakit neurodegeneratif yang paling terkenal adalah penyakit Alzheimer dan Parkinson. Manfaat kayu manis dalam menangkal penyakit Alzheimer dikarenakan kemampuannya dalam menghambat pembentukan protein tau di otak yang dianggap sebagai penyebab dari penyakit Alzheimer.

8. Melawan infeksi bakteri dan jamur

Kayu manis tidak hanya beraroma harum, tetapi juga mengandung cinnamaldehyde yang mampu melawan berbagai infeksi, seperti infeksi jamur pada pernapasan, infeksi bakteri Listeria, dan bakteri Salmonella. Manfaat kayu manis lainnya yang juga diyakini adalah untuk mengurangi bau mulut dan mencegah pembusukan gigi.

9. Membantu menurunkan berat badan

Khasiat kayu manis untuk menurunkan berat badan dilakukan dengan menurunkan efek dari makanan tinggi lemak serta menjaga kadar glukosa. Meskipun demikian, kayu manis bukanlah jalan pintas dalam menurunkan berat badan.

10. Mengatasi multiple sclerosis

Penyakit multiple sclerosis merupakan penyakit autoimun yang menyerang otak dan sistem saraf pusat.  Kayu manis memiliki kandungan anti radang yang dapat mengurangi efek multiple sclerosis terhadap sistem saraf pusat. Kayu manis juga dipercaya dapat melindungi sel T dan membantu mencegah penurunan kadar sel T karena multiple sclerosis, serta melindungi lapisan myelin atau lapisan pelindung saraf.

11. Mengatasi nyeri haid

Rebusan air kayu manis mengandung zat analgesik dan antikoagulan yang dapat meredakan rasa nyeri dan kram saat menstruasi. Sebuah studi membuktikan, air rebusan kayu manis juga dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan selama masa haid. Cara merebus kayu manis untuk dijadikan teh sangat mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa batang kayu manis dalam air mendidih selama 8-10 menit untuk mendapatkan ekstraknya.

12. Mencegah penuaan kulit

Kaya antioksidan membuat kayu manis dipercaya dapat merangsang pembentukan kolagen dan meningkatkan hidrasi sekaligus elastisitas kulit. Menurut penelitian, khasiat kayu manis ini membuatnya diyakini bisa mencegah penuaan pada kulit.

13. Mengatasi gangguan lambung

Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang baik untuk pencernaan. Kayu manis untuk asam lambung bermanfaat untuk menangani gastritis, yaitu peradangan pada lambung. Mengonsumsi kayu manis dalam batas wajar diperbolehkan untuk penderita maag. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan berminyak, berbumbu, hingga makanan pedas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar