Manfaat Jeruk Keprok untuk Kesehatan

ilustrasi gambar jeruk keprok

KBRN, Bengkulu : Jeruk keprok (tangerine) merupakan salah satu jenis dari jeruk mandarin yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Dibandingkan dengan jeruk lainnya, jeruk keprok dipercaya memiliki rasa yang lebih manis dan kulitnya mudah dikupas. Selain lebih enak, manfaat jeruk keprok juga tidak kalah dengan jenis jeruk lainnya.

Manfaat jeruk keprok untuk kesehatan tubuh

Mulai dari mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, hingga mengurangi peradangan di dalam tubuh. Simak berbagai manfaat jeruk keprok yang luar biasa ini:

1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk keprok dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin C berperan besar untuk membantu tubuh memproduksi kolagen, yakni zat yang membuat kulit terlihat awet muda.

2. Menjaga kesehatan mata

Jeruk keprok mengandung dua vitamin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata, yakni vitamin A dan C. Vitamin A bertugas untuk menjaga kesehatan dan fungsi retina serta kornea. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan Anda lebih rentan terhadap penyakit xerophthalmia (sulit melihat di tempat gelap).

3. Menyehatkan jantung

Sebuah riset yang melibatkan 500 ribu partisipan dewasa membuktikan, mengonsumsi setengah cangkir buah segar per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan. Partisipan yang mengonsumsi buah secara rutin juga terhindar dari kematian akibat serangan jantung dan stroke sebanyak 33 persen.

4. Mencegah kanker

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa flavonoid, limonoid, hingga coumarin yang ditemukan di dalam buah sitrus dapat mencegah berbagai macam kanker, seperti kanker payudara hingga kanker lambung. Berbagai senyawa ini juga dipercaya dapat mencegah munculnya tumor di paru-paru dan usus besar.

5. Mengurangi peradangan di dalam tubuh

Vitamin C merupakan nutrisi yang serbaguna dan punya banyak manfaat, salah satunya mengurangi peradangan. Jeruk keprok mengandung vitamin C yang mampu mencegah kerusakan sel (stres oksidatif) akibat radikal bebas.

6. Bermanfaat untuk pasien diabetes tipe 2

Para ahli meyakini kalau kandungan antioksidan yang dimiliki buah sitrus seperti jeruk keprok, dapat bermanfaat untuk pasien diabetes tipe 2. Sebab menurut penelitian, kadar enzim antioksidan dan vitamin antioksidan di dalam tubuh pasien diabetes tipe 2 dinilai rendah.Mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan seperti jeruk keprok diyakini mampu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas pada pasien diabetes tipe 2.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar