Ini 4 Bahan Alami untuk Membersihkan Usus Kotor

ilustrasi gambar usus kotor dan bersih

KBRN, Bengkulu : Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan yang memiliki peran penting. Maka dari itu, kesehatan dan kebersihannya harus selalu terjaga. Kesehatan saluran pencernaan berpengaruh terhadap kondisi tubuh secara keseluruhan. Konsumsi makanan dan minuman sehari-hari bisa membuat usus kotor dan terpapar banyak racun. 

Hal ini yang harus diatasi melalui metode membersihkan usus, bisa dengan konsumsi obat atau melakukan perawatan tertentu. Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu atau merasa enggan untuk minum obat-obatan, jangan khawatir! Cara membersihkan sistem pencernaan, usus juga bisa dilakukan secara alami dengan bahan-bahan sederhana. 

Membersihkan Usus dengan Bahan Alami di Rumah 

Usus yang kotor, karena terlalu banyak paparan racun, bisa dikenali dengan beberapa gejala. Seperti mudah merasa lelah, sering sakit perut, mengalami gangguan pencernaan jangka panjang, hingga menjadi mudah sakit. 

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara membersihkan usus yang bisa dilakukan dengan bahan alami di rumah. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan: 

1. Minum Air yang Cukup 

Minum air yang cukup setiap harinya bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan saluran pencernaan, sehingga akan berdampak pada pembersihan usus. Pilihan air terbaik adalah air putih atau air mineral. Orang dewasa disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih setiap hari. Lengkapi juga dengan mengonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung cairan. 

2. Lemon 

Bahan alami kedua yang bisa digunakan membersihkan usus adalah lemon. Buah yang memiliki rasa asam ini memang dikenal memiliki kemampuan “membersihkan”, termasuk membersihkan saluran pencernaan. Campurkan lemon dengan air atau teh herbal, kemudian minumlah secara rutin agar usus dan pencernaan menjadi lebih sehat. 

3. Air Garam 

Minum air garam juga disebut bisa menjadi cara detoksifikasi alias pembuangan racun dari dalam tubuh. Kamu bisa mencoba untuk mencampurkan 2 sendok teh garam dengan segelas air putih, kemudian minum pada saat keadaan perut kosong.

Larutan ini bekerja dengan cara membersihkan usus, dan membuangnya melalui urine, sehingga kamu mungkin akan lebih sering berkemih. 

4. Makanan Kaya Serat 

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat juga bisa membantu. Bukan lagi rahasia, serat merupakan asupan yang penting dalam menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan manusia. 

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar